Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2021, 14:02 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comHiu berkembang biak dengan cara ovipar, ovovivipar, dan vivipar. Tidak perlu bingung, ternyata, tiap spesies hiu memiliki caranya sendiri untuk berkembang biak

Cara hiu berkembang biak

Dilansir dari Shark Trust, berikut adalah cara hiu berkembang biak.

1. Ovipar

Terdapat beberapa spesies hiu yang berkembang biak dengan cara bertelur, contohnya chimaera, zebra shark, dan Swellshark. Telur hiu diliputi dengan cangkang kulit yang tebal. Induknya akan menempatkan telur tersebut di tempat yang aman.

Tempat yang aman dan cangkang yang tebal akan melindungi telur hiu dari gangguan luar. Hal ini dibutuhkan karena telur hiu akan menetas dalam waktu yang lama, yaitu 6 sampai 9 bulan.

2. Ovovivipar

Hiu yang berkembang biak dengan cara ovovivipar akan membawa telurnya di dalam tubuhnya. Ini akan memberikan telur perlindungan lebih dari predator yang mungkin memangsa telur hiu.

Embrio telur berkembang dan mendapatkan sumber makanannya dari cangkang telur. Setelah cukup usia, telur akan menetas di dalam perut induknya. Kemudian induknya akan melahirkannya sebagai bayi hiu.

Anak hiu yang telah menetas terlebih dahulu di dalam perut ibunya mungkin memakan telur yang tidak dibuahi atau bahkan memakan telur saudaranya yang belum menetas.

Contoh hiu yang berkembang biak dengan cara ovovivipar adalah sand tiger shark, shortfin Mako, great white shark, dan tiger shark.

Baca juga: 6 Fakta Unik Hiu Megalodon, Binatang dengan Rahang Paling Kuat

3. Vivipar

Vivipar adalah cara berkembang biak dengan melahirkan. Di dalam perut, embrio akan mendapatkan makanan dari tali pusar yang terhubung ke induknya.

Contoh hiu yang berkembang biak dengan vivipar adalah Bull shark, Blue shark, dan Hammerhead shark.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com