Kompas.com - 13/10/2021, 19:45 WIB
Ilustrasi anak sekolah. [Ben White Photography/Freepik.com] Ben White Photography/Freepik.comIlustrasi anak sekolah. [Ben White Photography/Freepik.com]

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru dari University of East Anglia menemukan, anak-anak yang makan makanan bernutrisi dan dikombinasikan dengan buah serta sayur memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Hasil tersebut didapat setelah peneliti melakukan penelitian terhadap pilihan sarapan dan makan siang serta kesehatan mental pada siswa sekolah di Inggris.

Studi ini merupakan penelitian pertama yang menyelidiki hubungan antara asupan buah dan sayuran dengan kesehatan mental.

Baca juga: Mengapa Banyak Anak yang Tak Suka Makan Sayur? Ini Penjelasan Dokter

Mengutip Science Daily, Rabu (13/10/2021) hubungan antara nutrisi dan kesehatan fisik sendiri memang sudah dipahami dengan baik, namun tak banyak yang diketahui apakah nutrisi berperan dalam kesejahteraan emosional anak-anak.

Hal inilah yang membuat peneliti mulai menyelidiki hubungan antara pilihan makanan dan kesejahteraan mental di antara anak-anak di sekolah.

"Kami tahu bahwa kesejahteraan mental yang buruk adalah masalah utama bagi kaum muda dan kemungkinan memiliki konsekuensi negatif jangka panjang," ungkap Prof Ailsa Welch, peneliti utama studi ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tekanan media sosial dan budaya sekolah modern telah disebut-sebut sebagai alasan potensial yang meningkatkan prevalensi kesejahteraan mental yang rendah pada anak-anak dan remaja.

Dalam studi ini, peneliti mempelajari data dari hampir 9000 anak di 50 sekolah di seluruh Norfolk yang terdiri 7.570 siswa sekolah menengah dan 1253 siswa sekolah dasar.

Anak-anak yang terlibat dalam penelitian ini melaporkan pilihan makanan dan mengambil bagian dalam tes kesehatan mental yang sesuai dengan usia. Tes mencakup keceriaan, relaksasi, dan hubungan interpersonal yang baik.

Tim peneliti juga melihat hubungan antara faktor gizi dan kesejahteraan mental dengan memperhitungkan faktor-faktor lain yang mungkin berdampak, seperti pengalaman masa kanak-kanak yang tak menyenangkan juga situasi rumah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.