Reproduksi Aseksual pada Hewan beserta Contohnya

13/10/2021, 15:33 WIB

KOMPAS.com - Salah satu cara hewan berkembang biak adalah secara aseksual. Reproduksi aseksual adalah proses reproduksi yang menggunakan bagian tubuhnya sendiri.

Reproduksi aseksual pada hewan

1. Pertunasan

Cara berkembang biak aseksual yang pertama adalah dengan cara membentuk tunas. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara pertunasan adalah Hydra sp., Porifera, dan Coelenterata.

2. Fragmentasi

Fragmentasi pada hewan PlanariaShutterstock Fragmentasi pada hewan Planaria

Fragmentasi adalah pematahan atau pemotongan tubuh induk menjadi dua bagian atau lebih. Setelah itu, potongan tubuh tersebut akan mengalami regenerasi untuk membentuk bagian tubuh yang lain yang tidak ada pada potongan tubuh tersebut.

Pada akhirnya, potongan-potongan tubuh tersebut akan menjadi satu individu yang baru. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara fragmentasi adalah Planaria.

3. Partenogenesis

Partenogenesis adalah bentuk reproduksi aseksual dimana betina memproduksi sel telur tanpa harus melewati proses fertilisasi. Pada beberapa hewan, partenogenesis hanya salah satu cara untuk bereproduksi. Namun, hewan tersebut tetap bisa bereproduksi secara seksual.

Contoh hewan yang berkembang biak dengan partenogenesis adalah lebah. Sel telur yang dibuahi akan tumbuh menjadi lebah betina. Sedangkan yang tidak dibuahi akan tumbuh menjadi lebah jantan.

Lebah betina akan bertugas sebagai lebah pekerja. Sedangkan lebah jantan bertugas untuk menghasilkan sel kelamin untuk membuahi sel telur yang dihasilkan lebah ratu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.