Kompas.com - 13/10/2021, 14:07 WIB
Tangkapan layar twit gempa Yogyakarta dari Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono. TwitterTangkapan layar twit gempa Yogyakarta dari Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono.


KOMPAS.com - Gempa tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, pada hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.00.47 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan gempa Pacitan ini berkekuatan M 4,8.

Selain di Pacitan, guncangan gempa terkini juga dirasakan di Trenggalek, Gunungkidul, Bantul hingga Yogyakarta.

Kekuatan gempa bumi di Gunungkidul mencapai skala III MMI (Modified Mercalli Intensity) dengan getaran nyata yang dirasakan di dalam rumah, seperti getaran akibat truk yang berlalu.

Sedangkan, di daerah Yogyakarta, kekuatan gempa mencapai skala II MMI dengan dampak getaran yang dirasakan oleh beberapa orang hingga menyebabkan benda-benda ringan yang digantung menjadi bergoyang.

Baca juga: Gempa Pacitan Tadi Malam Dekat dengan Sumber Gempa Besar 1937

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Stageof BMKG Sleman Ikhsan, mengatakan bahwa episenter gempa terletak pada koordinat 8,87 LS dan 110,97 BT, tepatnya berada di laut dengan jarak 78 km ke arah Barat Daya Pacitan, pada kedalaman 55 km.

Dengan melihat episenter, serta kedalaman hiposenter gempa Pacitan, fenomena ini termasuk gempa dangkal akibat subduksi Lempeng Indo-Australia yang menghunjam ke bawah Lempeng Eurasia di Samudra Hindia, di selatan Pulau Jawa.

Baca juga: Gempa Hari Ini: 2 Lindu M 5,0 Guncang Gunungkidul dan Pacitan

 

Hingga hari Rabu, 13 Oktober 2021 pukul 12.40 WIB, tercatat tidak terdapat gempa susulan. Masyarakat juga diimbau agar tetap tenang.

Selain itu, masyarakat harap agar tidak terpengaruh oleh hoaks atau isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Untuk informasi terkait gempa terkini masyarakat bisa mengaksesnya melalui kanal info BMKG.

Selanjutnya, masyarakat kembali diberikan imbauan untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa.

Harap untuk memeriksa dan memastikan bahwa bangunan tempat tinggal saat ini cukup tahan akan gempa atau tidak ditemukan kerusakan akibat gempa Yogyakarta yang membahayakan.

Baca juga: Yogyakarta Diguncang Gempa Bumi M 5,3, Bukan Gempa Megathrust

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.