Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama Capai 100 Juta, Bisakah Mencegah Gelombang Ketiga di Indonesia?

Kompas.com - 12/10/2021, 20:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemberian vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Indonesia sudah mencapai 100.059.481 orang per 10 Oktober 2021. 

Sedangkan, masih berdasarkan data Satuan Tugas penanganan Covid-19 (satgas Covid-19), vaksinasi Covid-19 tahap kedua sudah mencapai 57.409.303 orang.

Sementara, target sasaran vaksinasi nasional seluruhnya adalah 208.265.720 orang.

Baca juga: Pakar WHO Rekomendasikan Dosis Booster Vaksin Covid-19 untuk Kelompok Ini

Di samping pencapaian vaksinasi Covid-19 yang terus meningkat di Indonesia, potensi gelombang ketiga di akhir tahun saat libur panjang natal dan tahun baru masih mengkhawatirkan.

Lalu, apakah dengan pencapaian vaksinasi Covid-19 yang telah melebihi 100 juta ini dapat mencegah terjadinya gelombang ketiga di Indonesia?

Menanggapi persoalan itu, Ketua Pelaksana Harian Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Mahesa Paranadipa Maikel MH angkat bicara.

Mahesa mengatakan, tujuan utama dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 adalah terciptanya herd immunity di masyarakat.

Selain itu juga diharapkan pasien-pasien terinfeksi Covid-19 tidak mengalami keparahan kondisi dan mengurangi risiko kematian.

Akan tetapi, kata Mahesa, kita tidak boleh berbesar hati hanya karena vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang telah mencapai 100 juta, lalu kemudian abai terhadap pencegahan lainnya.

"Seratus juta ini kan (vaksinasi dosis) pertama ya, jadi kita berharap ya sebenarnya kalau secara teori untuk mencapai herd immunity atau imunitas komunal seharusnya di angka 70 persen. 70 persen itu bukan dosis yang pertama, kita berharap di dosis kedua ya," jelasnya.

Baca juga: Sakit dan Harus Menunda Vaksinasi Dosis Kedua, Apakah Pengaruhi Efektivitas Vaksin?

Ia menambahkan, lain halnya jika vaksinasi yang diberikan selama ini adalah Johnson & Johnson, di mana kebutuhan pemberian dosisnya hanya satu kali, dan tidak membutuhkan dosis kedua.

Sementara, rata-rata produk vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia kecuali Johnson & Johnson, harus diberikan suntikan kedua untuk membentuk imunitas atau kekebalan tubuh secara lengkap.

"Jadi kita mendorong betul, bisa terus ditingkatkan percegahan (gelombang ketiga) ini," ujar dia.

Di sisi lain, masyarakat juga diminta untuk tidak lagi menolak diberi vaksin Covid-19.

Tetapi juga harus diingat, bahwa vaksinasi Covid-19 tidak dapat mencegah Anda dari infeksi Covid-19.

Vaksinasi Covid-19 hanya berguna untuk meminimalisir risiko terjadinya kondisi keluhan berat atau perparahan dari infeksi jika terjadi.

Cara mencegah infeksi Covid-19 yang paling utama adalah dengan menerapkan 5M; memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak minimal 1,8 meter, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas atau pergerakan di luar rumah.

Baca juga: Vaksinasi Saja Tidak Cukup untuk Hentikan Pandemi Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com