Kompas.com - 12/10/2021, 07:31 WIB
Ilustrasi vaksin booster Moderna. Moderna laporkan perlindungan vaksin Covid-19 yang dikembangkannya terus berkurang seiring waktu. Perusahaan mendukung pemberian dosis booster atau dosis ketiga untuk vaksin mRNA ini. SHUTTERSTOCK/oasisamuelIlustrasi vaksin booster Moderna. Moderna laporkan perlindungan vaksin Covid-19 yang dikembangkannya terus berkurang seiring waktu. Perusahaan mendukung pemberian dosis booster atau dosis ketiga untuk vaksin mRNA ini.


KOMPAS.com - Dosis booster vaksin Covid-19 direkomendasikan oleh pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk kelompok orang yang memiliki sistem kekebalan lemah.

Dilansir dari Medical Xpress, Senin (12/10/2021), penasihat vaksin WHO merekomendasikan orang pada kelompok ini harus ditawari dosis tambahan dari semua jenis vaksin Covid-19 yang disetujui WHO.

Selain itu, pakar WHO juga mengatakan bahwa orang berusia di atas 60 tahun yang diimunisasi penuh dengan vaksin Sinovac dan Sinopharm China harus ditawarkan dosis vaksin Covid-19 ketiga.

Kendati demikian, Strategic Advisory Group of Experts on Immunization (SAGE) menekankan tidak merekomendasikan dosis vaksin booster tambahan untuk populasi pada umumnya, yang sudah diluncurkan di beberapa negara.

WHO menginginkan adanya moratorium dosis vaksin booster untuk masyarakat umum hingga akhir tahun untuk memprioritaskan dosis pertama di puluhan negara yang kekurangan vaksin Covid-19.

SAGE mengatakan akan meninjau masalah dosis booster secara umum pada 11 November.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: WHO Desak Penundaan Vaksin Booster Dosis Ketiga hingga 2022

 

Sebelumnya, WHO telah memberikan persetujuan penggunaan darurat pada beberapa jenis vaksin Covid-19.

Vaksin Covid-19 yang disetujui WHO antara lain vaksin Pfizer-BioNTech, Janssen, Moderna, Sinopharm, Sinovac, dan AstraZeneca.

Tak hanya itu, WHO juga segera memutuskan untuk memberikan daftar izin penggunaan darurat untuk suntikan vaksin Covid-19 buatan perusahaan vaksin asal India, Bharat Biotech.

Vaksin booster untuk kelompok rentan

SAGE telah melakukan peninjauan terkait informasi dan data terbaru berbagai vaksin untuk Covid-19 dan penyakit lainnya pada pertemuan pekan lalu.

"SAGE merekomendasikan bahwa orang dengan gangguan kekebalan sedang dan berat harus ditawari dosis (vaksin booster) tambahan dari semua vaksin WHO EUL Covid-19 sebagai bagian dari seri primer yang diperpanjang," kata kelompok itu.

Baca juga: WHO Minta Vaksin Booster di Negara Maju Ditangguhkan, Ini Alasannya

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.