Kompas.com - 23/09/2021, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber REUTERS

KOMPAS.com - Analisis DNA kuno telah mengubah pemahaman tentang nenek moyang orang Jepang modern. Studi ini pun telah mengidentifikasi orang-orang yang tiba pada 1.700 tahun yang lalu dan kontribusinya dalam membantu merevolusi budaya Jepang.

Seperti dilansir dari Reuters, Kamis (23/9/2021), penelitian genetik ini telah diterbitkan pada Jumat pekan lalu di jurnal Science Advances.

Studi tersebut menunjukkan bahwa orang-orang Jepang memiliki tanda genetik dari tiga populasi kuno, bukan hanya dua seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Ini adalah nenek moyang yang lebih kompleks untuk sebuah negara kepulauan yang berpenduduk sekitar 125 juta orang itu.

Dalam studi ini, para peneliti menganalisis informasi genetik dari 17 orang Jepang kuno dan membandingkannya dengan data genom untuk orang Jepang modern. DNA diekstraksi dari tulang 12 khusus untuk penelitian ini dan lima dilakukan sebelumnya.

Kontribusi genetik yang didokumentasikan sebelumnya dikonfirmasi dari dua kelompok kuno, yakni budaya pemburu-pengumpul asli Jepang yang berasal dari sekitar 15.000 tahun yang lalu, awal dari apa yang disebut periode Jomon.