Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmu Gerontologi, Definisi, Tujuan, dan Perbedaannya dengan Geriatri

Kompas.com - 21/09/2021, 20:33 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGerontologi adalah ilmu yang mempelajari penuaan dan orang tua. Kata gerontologi berasal dari kata gerontos yang berarti usia lanjut dan logos yang berarti ilmu.

Ilmu ini penting dipelajari karena banyak orang tua yang memerlukan perhatian khusus untuk kesehatannya. Selain itu, populasi penduduk orang tua secara global terus meningkat.

Perbedaan gerontologi dan geriatri

Sebelumnya Anda mungkin sudah pernah mendengar geriatri sebagai ilmu yang mempelajari orang tua. Ternyata, geriatri berbeda dengan gerontologi.

Geriatri

Geriatri adalah ilmu yang mempelajari orang tua khusus bagian medisnya saja. Ilmu ini membahas berbagai penyakit yang muncul pada orang tua, serta cara perawatannya.

Gerontologi

Sedangkan gerontologi merupakan ilmu yang lebih kompleks dari itu. Gerontologi tidak hanya mempelajari aspek medis orang tua saja, namun juga memperhatikan aspek sosial dan mental orang tua.

Namun, keduanya sama-sama bertujuan untuk memahami dan mengoptimalkan kualitas hidup orang tua. Selain itu, gerontologi akan membantu memahami perbedaan antar generasi.

Baca juga: Kenali Gejala Depresi pada Orang Tua

Bidang apa saja yang terlibat di dalam gerontologi?

Bidang yang terlibat di dalam ilmu gerontologi sangat banyak. Dilansir dari Institute of Gerontology University of Georgia, berikut bidang yang terlibat di dalam ilmu gerontologi.

  • Medis
  • Fisiologis
  • Ilmu sosial
  • Psikologi
  • Kesehatan masyarakat
  • Kebijakan publik.

Secara komprehensif, gerontologi mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi pada orang tua. Perubahan tersebut termasuk tingkat kesehatan, pola berpikir, tingkah laku, dan literasi orang tua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com