Kompas.com - 21/09/2021, 20:33 WIB
Ilmu gerontologi yang mempelajari orang tua freepikIlmu gerontologi yang mempelajari orang tua

KOMPAS.comGerontologi adalah ilmu yang mempelajari penuaan dan orang tua. Kata gerontologi berasal dari kata gerontos yang berarti usia lanjut dan logos yang berarti ilmu.

Ilmu ini penting dipelajari karena banyak orang tua yang memerlukan perhatian khusus untuk kesehatannya. Selain itu, populasi penduduk orang tua secara global terus meningkat.

Perbedaan gerontologi dan geriatri

Sebelumnya Anda mungkin sudah pernah mendengar geriatri sebagai ilmu yang mempelajari orang tua. Ternyata, geriatri berbeda dengan gerontologi.

Geriatri

Geriatri adalah ilmu yang mempelajari orang tua khusus bagian medisnya saja. Ilmu ini membahas berbagai penyakit yang muncul pada orang tua, serta cara perawatannya.

Gerontologi

Sedangkan gerontologi merupakan ilmu yang lebih kompleks dari itu. Gerontologi tidak hanya mempelajari aspek medis orang tua saja, namun juga memperhatikan aspek sosial dan mental orang tua.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, keduanya sama-sama bertujuan untuk memahami dan mengoptimalkan kualitas hidup orang tua. Selain itu, gerontologi akan membantu memahami perbedaan antar generasi.

Baca juga: Kenali Gejala Depresi pada Orang Tua

Bidang apa saja yang terlibat di dalam gerontologi?

Bidang yang terlibat di dalam ilmu gerontologi sangat banyak. Dilansir dari Institute of Gerontology University of Georgia, berikut bidang yang terlibat di dalam ilmu gerontologi.

  • Medis
  • Fisiologis
  • Ilmu sosial
  • Psikologi
  • Kesehatan masyarakat
  • Kebijakan publik.

Secara komprehensif, gerontologi mempelajari perubahan-perubahan yang terjadi pada orang tua. Perubahan tersebut termasuk tingkat kesehatan, pola berpikir, tingkah laku, dan literasi orang tua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.