Kompas.com - 02/09/2021, 16:03 WIB


KOMPAS.com - Pada September 2021, ada banyak sekali fenomena atau peristiwa menarik yang akan menghiasi langit Indonesia. Bahkan, fenomena langit yang jangan sampai terlewat adalah dua puncak hujan meteor yang akan terjadi di bulan ini.

Berikut 10 fenomena menarik yang bisa Anda rencanakan untuk mengamatinya bersama keluarga, berdasarkan catatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

LAPAN saat ini sudah bertransformasi menjadi Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa, bersama wadah besar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

1. Konjungsi Bulan-Pollux: 3 September 2021

Peneliti di Pusat Sains Antariksa, Andi Pangerang mengatakan, pada tanggal 3 September 2021 mendatang, akan ada fenomena konjungsi antara Bulan dan Pollux.

Pollux adalah bintang utama di konstelasi Gemini. Bintang ini berkonjungsi dengan Bulan, puncaknya terjadi pada pukul 11.04 WIB, dengan sudut pisah 3 derajat.

Baca juga: Fenomena Langit Agustus 2021: Hujan Meteor Perseid hingga Asteroid Lewat Dekat Bumi

 

Akan tetapi, fenomena langit yang akan terjadi pada 3 September esok, konjungsi bulan dan bintang Pollux ini sudah dapat disaksikan sejak pukul 03.00 hingga 05.30 WIB waktu setempat dari arah Timur Laut dengan sudut pisah 4,3 derajat - 3,7 derajat.

2. Aphelion Merkurius: 6 September 2021

Fenomena langit pada September ini juga akan menghadirkan Aphelion, yang secara umum adalah konfigurasi ketika planet berada di titik terjauh dari Matahari.

Hal ini disebabkan oleh orbit planet yang terbentuk elips dengan Matahari terletak di salah satu dari kedua titik fokus orbit tersebut.

Andi mengatakan, fenomena Aphelion kali ini akan terjadi pada 6 September 2021, pukul 07.28 WIB dengan jarak 69.817.000 km dari Matahari.

3. Konjungsi Bulan-Mars: 7-8 September 2021

Pada hari berikutnya, fenomena konjungsi Bulan dan Mars pun terjadi di langit Indonesia.

Fenomena langit ini akan menghiasi langit Indonesia, sebelum puncak hujan meteor pada 9 September mendatang. Kendati terjadi mulai 7 September 2021 malam, tetapi puncak konjungsi Bulan ini akan terjadi pada pukul 02.36 WIB, di dini hari tanggal 8 September 2021.

Baca juga: 7 Fenomena Langit Minggu Ini, Ada 2 Peristiwa di HUT Ke-76 RI

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.