Kompas.com - 21/08/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi lubang hitam ShutterstockIlustrasi lubang hitam

KOMPAS.comLubang hitam adalah satu-satunya objek luar angkasa yang mampu menarik cahaya dengan gaya gravitasi yang sangat kuat. Dilansir dari NASA, gravitasi yang dihasilkan lubang hitam adalah hasil dari bintang yang mati.

Berikut adalah tujuh fakta unik tentang lubang hitam.

Anda tidak bisa melihat black hole

Penamaan lubang hitam karena warna dan sifatnya yang menarik cahaya. Oleh karena semua cahaya habis diserap oleh black hole, maka kita tidak bisa melihatnya.

Para peneliti hanya bisa mengamati dengan mengecek suhu dan radiasinya. Selain itu, bisa diamati dari bintang di sekitarnya yang tertarik ke dalamnya.

Anda tidak bisa keluar dari lubang hitam

Jika Anda atau sebuah benda masuk ke dalam lubang hitam atau black hole, maka tidak ada jalan pulang. Black hole memiliki gaya gravitasi yang sangat kuat dan tidak ada benda di sekitarnya yang bisa menghindar.

Benda yang mendekati lubang ini akan mengalami “spaghettified”. Istilah ini dibuat untuk menjelaskan benda akan memanjang dan pipih seperti spageti sebelum tertarik ke dalamnya.

Hingga saat ini peneliti belum mengetahui apa yang akan terjadi pada benda-benda yang masuk ke dalam lubang hitam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cincin Raksasa di Sekitar Lubang Hitam Ditangkap Observatorium Chandra, Apa Itu?

Lubang hitam tidak mengisap apapun

Lubang ini sering digambarkan sebagai sesuatu yang mengisap segala benda yang terbang di dekatnya. Faktanya, ini adalah akibat gaya tarik atau gaya gravitasi yang terlampau besar sehingga tampak seperti lubang isap.

Lubang hitam adalah sumber energi terbesar

Black hole bisa menghasilkan energi yang jauh lebih besar dari Matahari. Hal tersebut merupakan hasil dari material yang mengorbit di sekitar lubang ini. Material tersebut mengorbit dengan kecepatan tinggi akibat gaya gravitasi yang besar.

Karena kecepatannya sangat tinggi, material tersebut menciptakan panas hingga suhu hingga lebih dari 500 juta derajat Celcius. Peristiwa ini akan membentuk energi yang disebut blackbody radiation.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.