Kompas.com - 20/08/2021, 20:45 WIB
Ilustrasi mencuci tangan Ilustrasi mencuci tangan

KOMPAS.com - Meski kebiasaan cuci tangan telah diajarkan sejak zaman dulu, semenjak pandemi Covid-19 merebak, mencuci tangan menjadi salah satu komponen penting dalam protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona.

Namun untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, mencuci tangan tentu tak bisa dilakukan sembarangan dan seadanya.

Fisikawan telah menemukan metode mencuci tangan yang sempurna untuk membersihkan partikel bakteri dan virus, termasuk virus corona.

Baca juga: Sabun VS Hand Sanitizer, Mana yang Lebih Efektif untuk Mencuci Tangan?

Mereka menemukan, bahwa dibutuhkan sekitar 20 detik untuk mengeluarkan partikel virus atau bakteri dari tangan kita. Ya betul, temuan ini sejalan dengan apa yang telah direkomendasikan oleh sebagian besar pakar kesehatan masyarakat.

Melansir Live scence, dalam penelitian yang telah diterbitkan, Selasa (16/8/2021) di jurnal Physics of Fluids, para peneliti menciptakan model matematika sederhana untuk mensimulasikan pergerakan partikel (seperti partikel virus atau bakteri) selama mencuci tangan.

Dalam model tersebut, tangan diwakili oleh dua permukaan kasar yang bergerak melewati satu sama lain (untuk meniru tangan menggosok bersama), dan dipisahkan oleh lapisan tipis cairan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Model menunjukkan, bahwa partikel tertarik ke permukaan kasar, dan sejumlah energi diperlukan untuk memungkinkan partikel lolos ke dalam cairan.

Menurut peneliti, gerakan tangan yang lebih cepat menciptakan aliran cairan yang lebih kuat dan menghilangkan partikel dengan lebih mudah.

"Jika Anda menggerakkan tangan Anda terlalu lembut dan terlalu lambat terhadap satu sama lain, gaya yang diciptakan oleh aliran fluida tidak cukup besar untuk mengatasi gaya yang menahan partikel ke bawah," kata penulis studi Paul Hammond, konsultan ilmiah di Hammond Consulting Limited, Inggris, dalam sebuah pernyataan.

Hammond menyamakan situasi dengan menghilangkan noda dari kemeja, di mana gerakan mengucek baju yang lebih cepat akan menghilangkan noda dengan lebih mudah.

Baca juga: 10 Cara Mencegah Kulit Iritasi Akibat Sering Mencuci Tangan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.