Kompas.com - 25/07/2021, 10:05 WIB
Ilustrasi pterosaurus, spesies reptil terbang dari zaman dinosaurus. Potongan fosil di Maroko mengungkap spesies pterosaurus kecil. SHUTTERSTOCK/WarpaintIlustrasi pterosaurus, spesies reptil terbang dari zaman dinosaurus. Potongan fosil di Maroko mengungkap spesies pterosaurus kecil.

KOMPAS.com - Sebuah studi baru mengungkap, jika bayi pterosaurus bisa terbang dalam beberapa jam atau bahkan menit setelah menetas.

Sayap mereka, menurut peneliti sudah ideal untuk penerbangan bertenaga.

Mengutip Science Daily, Sabtu (24/7/2021) pterosaurus adalah sekelompok reptil terbang yang hidup selama Periode Trias, Jurassic, dan Cretaceous (228 hingga 66 juta tahun yang lalu).

Tapi tak banyak hal yang diketahui mengenai pterosaurus ketika masih bayi, contohnya kapan mereka mulai terbang untuk pertama kali. Alasannya adalah kelangkaan fosil telur dan embrio yang jarang sekali ditemukan.