Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedoman Perlindungan Diri Bagi Yang Belum Divaksin, Menurut Ahli

Kompas.com - 27/06/2021, 10:08 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber CDC

KOMPAS.comVaksin terbukti mampu menurunkan angka kematian serta meringankan gejala yang diderita pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Namun, ketersediaan vaksin di Indonesia masih sangat terbatas. Sedangkan kasus harian makin meningkat.

Bagi orang yang telah mendapatkan vaksin, baik satu dosis maupun dosis lengkap, mungkin bisa sedikit lega karena tubuhnya sudah memiliki antibodi jika berhadapan dengan virus ini. Namun, bagaimana dengan masyarakat yang belum kebagian dosis vaksin?

Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) berikut adalah pedoman perlindungan diri bagi orang yang belum divaksin.

Memakai masker

Setiap orang berusia di atas 2 tahun wajib menggunakan masker di tempat umum. Masker harus selalu digunakan ketika Anda bertemu dengan orang yang tidak tinggal serumah dengan Anda. Gunakan masker dengan sebaik mungkin agar tidak ada celah untuk virus masuk.

Baca juga: Kenapa Vaksin Covid-19 Menyebabkan Efek Samping? Begini Kata Ahli

Pedoman terbaru menyebutkan jika rekomendasi masker yang paling baik untuk masyarakat umum adalah menggunakan dua lapis masker, yaitu masker medis pada lapisan dalam serta masker kain pada bagian luar.

Selain itu, biasakan menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setiap akan memakai masker. Jika ada orang di rumah Anda yang menunjukkan gejala Covid, segera gunakan masker untuk mencegah penyebaran virus kepada keluarga yang tinggal serumah.

Jaga jarak

Jaga jarak perlu dilakukan di dalam maupun di luar rumah. Jarak aman untuk menghindari infeksi adalah 2 meter. Di dalam rumah, jagalah jarak jika ada anggota keluarga yang menunjukkan gejala Covid-19.

Sedangkan di luar rumah, menjaga jarak tentu penting karena Anda tidak tahu kondisi orang yang tidak tinggal serumah dengan Anda. Ingatlah bahwa ada orang tanpa gejala yang mungkin bertemu Anda dan menyebarkan virus SARS-CoV-2.

Hindari tempat ramai dan tidak memiliki sirkulasi udara

Hindari keramaian seperti restoran, bioskop, dan tempat ramai lainnya. Jika Anda perlu pergi ke luar rumah, usahakan Anda hanya pergi ke ruang terbuka atau outdoor. Sirkulasi udara yang baik akan mencegah penyebaran virus ini.

Cuci tangan

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir selama setidaknya 20 detik bisa membantu mengurangi risiko terkena Covid-19. Berikut adalah beberapa waktu yang mengharuskan Anda untuk mencuci tangan:

  • Sebelum makan atau menyiapkan makanan
  • Sebelum memegang wajah
  • Setelah menggunakan toilet umum
  • Setelah mengunjungi tempat umum
  • Setelah batuk atau bersin
  • Setelah memegang atau memasang masker
  • Setelah merawat orang sakit
  • Setelah memegang binatang peliharaan

Jika Anda sedang tidak dapat akses air, seperti ketika sedang berada di jalan, Anda boleh menggunakan hand sanitizer untuk sementara. Pilihlah hand sanitizer yang mengandung bahan aktif alkohol minimal 60 persen.

Baca juga: Efek Samping Vaksin Covid-19 dan Cara Mengatasinya

Bersihkan permukaan sesering mungkin

Gunakan bahan disinfektan untuk membersihkan permukaan yang sering Anda pegang, seperti meja kerja, gagang pintu, telepon genggam, wastafel, dan permukaan lainnya.

Cari tahu info vaksin di sekitar Anda

Dosis vaksin yang tersedia saat ini masih sangat terbatas. Carilah info vaksin di sekitar tempat tinggal Anda. Beberapa rumah sakit daerah dan puskesmas sudah menyediakan vaksin. Segera daftarkan diri Anda untuk menerima vaksin yang tersedia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com