Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksin Covid-19

Kompas.com - Diperbarui 18/10/2022, 11:24 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Semua masyarakat Indonesia harus mendapatkan dua dosis vaksin Covid-19 dan booster untuk mengurangi penyebaran penyakit ini dan mengurangi gejalanya.

Sebab, vaksin Covid-19 membantu tubuh dalam membangun antibodi. Alhasil, tubuh siap dan sudah mengenali jika berhadapan langsung virus SARS-CoV-2, sehingga gejala yang ditimbulkan akan lebih rendah dan lebih ringan.

Untuk memastikan tubuh memberikan reaksi yang optimal terhadap vaksin, berikut adalah beberapa syarat yang harus Anda perhatikan dan lakukan sebelum menjalani vaksinasi Covid-19.

Jangan menerima vaksin lain dalam waktu bersamaan

Ilustrasi vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan. SHUTTERSTOCK/PAL SAND Ilustrasi vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan.

Pastikan Anda tidak menerima vaksin penyakit lain dalam 14 hari terakhir sebelum menjalani vaksinasi Covid-19. Walaupun beberapa sumber menunjukkan bahwa tidak ada masalah jika vaksinasi Covid-19 dilakukan bersama vaksinasi yang lain, vaksin ini akan bekerja lebih optimal jika bekerja sendirian bersama sistem imun.

Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk meminimalisir efek samping yang mungkin muncul akibat vaksinasi, sekitar satu hingga tiga hari setelah disuntik. Anda juga sebaiknya beristirahat selama dua hari setelah vaksin, untuk mengantisipasi efek samping yang mungkin muncul.

Baca juga: Efek Samping Vaksin Covid-19 dan Cara Mengatasinya

Siapkan obat penahan sakit

Efek samping dari vaksinasi yang paling umum muncul adalah rasa nyeri pada lengan, demam, dan sakit kepala.

Untuk mengantisipasinya, siapkan obat penahan sakit seperti parasetamol dan ibuprofen sebelum menerima vaksin. Kedua obat itu bisa dibeli tanpa resep di apotek terdekat.

Namun, ingat bahwa Anda hanya perlu mengonsumsinya jika terjadi efek samping, bukan sebelum vaksin. Mengonsumsi obat ini sebelum vaksin justru bisa menyebabkan imun Anda menurun dan tidak merespons vaksin dengan baik.

Baca juga: Ini Kata Ahli tentang Minum Obat untuk Cegah Efek Samping Vaksin

Minum multivitamin

Konsumsi multivitamin dapat membantu kita mendapatkan nutrisi penting yang berperan dalam memperkuat daya tahan tubuh. PEXELS/POLINA TANKILEVITCH Konsumsi multivitamin dapat membantu kita mendapatkan nutrisi penting yang berperan dalam memperkuat daya tahan tubuh.

Anda juga direkomendasikan untuk meminum multivitamin sebelum menjalani vaksinasi. Sebab, multivitamin bisa meningkatkan imunitas, sehingga imunitas tubuh bisa bereaksi dengan baik terhadap materi genetik di dalam vaksin.

Kandungan di dalam multivitamin yang baik untuk imunitas antara lain vitamin C, A, D3, zinc, selenium, asam amino, dan probiotik. Para pakar merekomendasikan meningkatkan imun setidaknya 7 hari sebelum dan 7 hari sesudah vaksin.

Siapkan makanan di rumah

Anda bisa memasak atau membeli makanan jadi sebelum Anda berangkat vaksin, karena setelah pulang Anda membutuhkan istirahat yang cukup serta makan makanan yang bergizi. Siapkan pula makanan ringan seperti biskuit, buah-buahan, dan susu untuk menunjang nutrisi.

Gunakan pakaian yang nyaman

Vaksin Covid-19 disuntikkan di bagian lengan atas. Oleh karena itu, pastikan Anda memakai pakaian yang nyaman, tidak terlalu ketat dan mudah dibuka pada bagian yang akan disuntik ketika menjalani vaksinasi.

Baca juga: Kenapa Vaksin Covid-19 Menyebabkan Efek Samping? Begini Kata Ahli

Makan dan minum sebelum vaksin

Makan dan minum sebelum menjalani vaksinasi Covid-19Dok. Shutterstock/Odua Images Makan dan minum sebelum menjalani vaksinasi Covid-19

Beberapa orang akan merasa takut dan khawatir ketika mereka tahu akan disuntik. Ini bisa menyebabkan pusing hingga pingsan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pastikan Anda makan makanan yang padat dan minum banyak air sebelum berangkat. Selain itu, para ahli juga merekomendasikan untuk menghindari meminum alkohol atau melakukan olahraga berat sebelum vaksin

Tidur cukup sehari sebelumnya

Syarat sebelum mendapat vaksin Covid-19 terakhir adalah tidur cukup sehari sebelumnya akan membuat tubuh menjadi prima dan siap untuk menerima vaksin Covid-19. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak begadang untuk menjaga kondisi tubuh.

Itulah tujuh hal yang harus dilakukan sebelum vaksin Covid-19. Semoga sehat selalu dan segera mendapatkan jadwal vaksin, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com