Perilaku Lubang Hitam Saat Melahap Bintang Serupa

Kompas.com - 19/05/2021, 20:45 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Para ilmuwan akhirnya mengetahui bahwa saat lubang hitam melahap bintang, baik lubang hitam supermasif maupun yang lebih kecil tetap memiliki perilaku yang serupa.

Dalam studi baru yang dipublikasikan di Astrophysical Journal, para peneliti mengatakan terlepas dari ukurannya, semua lubang hitam mengalami siklus akresi serupa.

Pada 9 September 2018, dilansir dari Science Daily, Rabu (19/5/2021) para astronom melihat kilatan dari galaksi yang berjarak 860 juta tahun cahaya.

Ternyata kilatan cahaya itu berasal dari lubang hitam supermasif, bermassa sekitar 50 juta kali massa Matahari.

Saat puing-puing bintang jatuh ke lubang hitam, maka ia akan melepaskan sejumlah besar energi dalam bentuk cahaya.

Para peneliti di MIT, European Southern Observatory, dan di tempat lain menggunakan beberapa teleskop untuk mengawasi peristiwa langka tersebut, berlabel AT2018fyk.