Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Anak-anak Minum Kopi? Ini Kata Dokter

Kompas.com - 09/05/2021, 17:45 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Melihat kebiasaan orangtua yang selalu minum kopi setiap hari, tentu membuat anak tertarik dan ingin mencicipinya. Apalagi, anak selalu ingin melakukan apa yang dilakukan orangtuanya.

Namun sebenarnya, bolehkah anak-anak minum kopi?

Menurut dr. Cut Nurul Hafifah Sp.A (K) Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik RS Pondok Indah, anak tidak disarankan minum kopi, karena kopi tidak mengandung nutrisi lengkap, seperti karbohidrat, lemak atau protein, maupun mikronutrien.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan akibat Terlalu Banyak Minum Kopi, Menurut Sains

“Lambung anak terutama di bawah usia 5 tahun masih memiliki kapasitas yang terbatas, sehingga mengonsumsi kopi mengambil porsi makanan atau minuman yang lebih bergizi untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak,” jelasnya kepada Kompas.com.

Dr. Cut melanjutkan, kopi juga memiliki kandungan zat tannin yang dapat mengikat zat besi, sehingga sulit untuk diserap oleh tubuh.

Padahal anak memerlukan zat besi tersebut, demi mencegah anemia dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

dr. Cut Nurul Hafifah Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik RS Pondok Indahdok. RSPI dr. Cut Nurul Hafifah Sp.A (K), Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik RS Pondok Indah

Selain itu, kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan. Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan insomnia, gelisah, sakit perut, sakit kepala, kesulitan berkonsentrasi, dan peningkatan detak jantung.

Melansir Very Well Family, pada anak-anak yang lebih kecil, gejala-gejala tersebut bisa muncul meski hanya mengonsumsi sedikit kopi.

Lebih jauh, masa kanak-kanak dan remaja adalah masa paling penting untuk penguatan tulang. Terlalu banyak kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium, yang berdampak negatif pada pertumbuhan yang tepat.

Baca juga: Anak Minum Kopi, Benarkah Dapat Menghambat Tumbuh Kembangnya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com