Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses Terbang di Mars, Misi Helikopter NASA Diperpanjang Sebulan

Kompas.com - 03/05/2021, 09:15 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber ABC News

KOMPAS.com - Bukannya menyelesaikan tes penerbangan pada awal Mei, NASA malah menambahkan satu bulan ekstra untuk helikopter Ingenuity mengeksplorasi medan baru yang sulit dan berfungsi sebagai pengintai untuk penjelajah pendampingnya, Perseverance.

Pejabat NASA mengumumkan perpanjangan penerbangan pada Jumat (1/5/2021). Hal ini setelah NASA menilai Ingenuity mampu menyelesaikan tiga penerbangan singkat dalam waktu kurang dari dua minggu.

Segera setelah NASA mengumumkan berita itu, ada kabar baik lainnya. Ingenuity telah melakukan penerbangan keempatnya di Mars.

Pada Jumat (1/5/2021), Ingenuity melakukan perjalanan keempat dan berhasil menempuh jarak 266 meter dengan ketinggian 5 meter selama dua menit. Penerbangan ini jauh lebih jauh dan lebih lama dari sebelumnya.

Sebelumnya dilakukan uji penerbangan pada hari Kamis, tetapi gagal karena kesalahan perangkat lunak.

Baca juga: Sukses Ketiga Kalinya, Helikopter NASA Terbang Lebih Lama di Mars

Apa gunanya penerbangan helikopter di Mars?

Dilansir ABC News, Minggu (2/5/2021), jika wahana Perseverance NASA di Mars untuk mengumpulkan sampel, Ingenuity ada di sana untuk diterbangkan.

"Tujuan dari helikopter adalah satu tujuan tunggal, yaitu untuk menunjukkan bagaimana kita bisa terbang di atmosfer Mars," jelas Direktorat Misi Sains NASA Thomas Zurbuchen dalam video Twitter.

Namun, Ingenuity memiliki keunggulan tambahan. Dia bisa mengambil beberapa pemandangan unik Mars yang tidak kita lihat sebelumnya.

"Karena kami sudah di sana, kami memutuskan untuk memasang beberapa kamera untuk mengabadikan momen," kata Dr Zurbuchen.

Helikopter Ingenuity dan wahana Perseverance segera berpisah

Pada penerbangan kelimanya yang akan dilakukan dalam satu minggu ini atau lebih, helikopter seberat 1,8 kilogram itu akan pindah ke lapangan terbang baru di Mars.

Dengan kata lain, Ingenuity akan segera berpisah dengan Perseverance dan membuat rover yang ada di daratan Mars itu kembali fokus pada misi pengambilan sampel batuan.

Perseverance mencari tanda-tanda kehidupan kuno di Kawah Jezero, rumah bagi tepi danau yang subur dan delta sungai miliaran tahun lalu.

Tim helikopter di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, mengharapkan penerbangan keenam dan ketujuh akhir bulan ini.

Baca juga: Momen Bersejarah, NASA Sukses Terbangkan Helikopter Pertama di Mars

Batas sebelumnya adalah lima penerbangan. Jika semuanya berjalan lancar, misi helikopter bisa berjalan lebih lama.

Sekarang Perseverance akan menjadi prioritas, mengamati bebatuan di sekitar lokasi pendaratan 18 Februari.

Helikopter Ingenuity menumpang ke Mars dengan menunggangi perut robot penjelajah yang diluncurkan dari Cape Canaveral musim panas lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com