Kompas.com - 12/04/2021, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Dari hasil pemeriksaan, ditemukan jamur di paru-paru Anda. Apakah ini berbahaya dan haruskah Anda khawatir karena hal tersebut?

Tidak, menurut para ilmuwan. Adanya jamur pada paru-paru tak perlu membuat Anda khawatir. Karena, ini bukan berarti adanya infeksi yang parah.

Sama seperti mikroba yang hidup di banyak organ tubuh manusia, sebagian besar mikroorganisme ini sangat bersahabat dan kemungkinan justru berperan dalam fungsi tubuh yang sehat.

Baca juga: Waspadai 8 Gejala Kanker Paru Beserta Faktor Risikonya

Menurut tim peneliti yang dipimpin oleh Einar Marius Hjellestad Martinsen, seorang kandidat doktor di Universitas Bergen di Norwegia, sejak lama paru-paru yang sehat itu dianggap steril, dengan hanya penyakit seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang memungkinkan mikroorganisme masuk dan bertahan hidup. .

Tapi sekarang, penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal PLOS ONE ini, menemukan bahwa beberapa mikroorganisme juga berada di paru-paru orang yang sehat.

Dalam studi ini, peneliti Norwegia menganalisis sampel paru-paru dan mulut dari hampir 200 orang dengan dan tanpa PPOK.

"Paru-paru yang sehat dan yang sakit memiliki komposisi jamur yang berbeda dari mulut, menunjukkan bahwa paru-paru memiliki lingkungan jamur yang unik," kata Hjellestad Martinsen dalam rilis berita.

Candida adalah jamur dominan di paru-paru. Para peneliti tidak menemukan perbedaan komunitas jamur antara orang dengan paru-paru sehat dan mereka yang menderita PPOK, dan tidak ada perbedaan antara pasien PPOK yang menggunakan steroid hirup dan yang tidak.

Menurut peneliti, steroid yang dihirup tampaknya tidak memengaruhi komposisi jamur di paru-paru.