Kompas.com - 12/04/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Penelitian menemukan bahwa orang yang didiagnosis dengan Covid-19 dalam enam bulan terakhir lebih mungkin mengalami depresi, demensia, psikosis, dan stroke.

Sepertiga dari orang yang pernah terinfeksi Covid-19 mengembangkan suatu kondisi psikologis atau neurologis, atau mengalami kondisi tersebut kambuh lagi.

Akan tetapi mereka yang dirawat di rumah sakit atau dalam perawatan intensif jauh lebih berisiko.

Para peneliti menyoroti efek stres, dan dampak langsung virus pada otak.

Baca juga: 5 Manfaat Teh Saffron, Mengurangi Depresi hingga Meringankan PMS

Sekelompok ilmuwan di Inggris memeriksa catatan medis lebih dari setengah juta pasien di AS, serta peluang mereka mengembangkan salah satu dari 14 kondisi psikologis atau neurologis yang umum, termasuk:

• Pendarahan otak
  • Stroke
  • Parkinson
  • Sindrom Guillain-Barré
  • Demensia
  • Psikosis
  • Gangguan mood
  • Gangguan kecemasan

Para peneliti menjelaskan, kegelisahan dan gangguan mood adalah diagnosis paling umum di antara mereka yang terinfeksi Covid-19, dan ini kemungkinan disebabkan oleh stres akibat pengalaman sakit parah atau dibawa ke rumah sakit.

Kondisi seperti stroke dan demensia lebih mungkin disebabkan oleh dampak biologis dari virus itu sendiri, atau reaksi tubuh terhadap infeksi secara umum.

Covid-19 tampaknya tidak berkaitan dengan peningkatan risiko Parkinson atau sindrom Guillain-Barré (risiko dari flu).

Sebab dan akibat

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet Psychiatry ini bersifat observasional. Jadi para peneliti tidak dapat mengatakan apakah Covid-19 merupakan penyebab diagnosis - dan beberapa orang akan mengalami stroke atau depresi dalam enam bulan ke depan, terlepas dari infeksi Covid.

Tetapi dengan membandingkan sekelompok orang yang pernah menderita Covid-19 dengan dua kelompok - penderita flu dan penderita infeksi saluran pernapasan lainnya - para peneliti di Universitas Oxford menyimpulkan bahwa Covid-19 berkaitan dengan lebih banyak kondisi otak daripada penyakit pernapasan lainnya.