Kompas.com - 25/03/2021, 19:39 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Salah satu ciri khas terpenting yang membedakan manusia dengan hewan primata adalah ukuran otak yang luar biasa besar.

Seekor simpanse, misalnya, hanya memiliki volume otak 400 sentimeter kubik, sedangkan gorila 500 sentimeter kubik.

Bandingkan dengan otak manusia yang mencapai 1.500 sentimeter kubik ketika dewasa, ukuran otak manusia tiga kali lipat otak simpanse dan gorila.

Perbedaan ini telah lama menjadi misteri di kalangan peneliti, karena otak manusia dan primata yang sedang berkembang sulit untuk dipelajari secara mendetail.

Baca juga: Evolusi Tubuh Manusia, Otak Bertumbuh Gara-gara Punahnya Hewan Besar

Namun, baru-baru ini sekelompok tim peneliti internasional mulai berhasil menguaknya. Mereka menemukan gen yang membuat otak manusia menjadi lebih besar dari otak gorila dan simpanse.

Jika gen ini diutak-atik, tim peneliti mendapati bahwa mereka bisa membuat otak manusia tumbuh menyerupai otak kera dan sebaliknya.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (25/3/2021); Dr Madelieine Lancaster dari Laboratory of Molecular Biology, Cambridge yang terlibat dalam studi ini mengatakan, kami melihat perbedaan pada perilaku sel pada masa sangat sangat awal yang membuat otak manusia tumbuh besar.

"Kami bisa menjelaskan semua perbedaan ukurannya (menggunakan temuan ini)," ujarnya.

Lancaster dan koleganya menemukan molekul khusus ini setelah mengumpulkan sel-sel manusia, gorila dan simpanse yang tersisa dari tes medis atau operasi.

Baca juga: Ilmuwan Tunjukkan Seperti Apa Reaksi Saraf Otak saat Kesepian

Tim peneliti kemudian memprogram ulang sel-sel tersebut menjadi sel punca dan menumbuhkannya menjadi organoid, gumpalan kecil jaringan otak yang lebarnya hanya beberapa milimeter.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.