Vaksin AstraZeneca Efektif pada Varian Corona Brasil, Studi Oxford Jelaskan

Kompas.com - 07/03/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi vaksin Oxford-AstraZeneca yang dinamai AZD1222. Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Oxford University dan AstraZeneca untuk melawan infeksi virus corona. SHUTTERSTOCK/rafapressIlustrasi vaksin Oxford-AstraZeneca yang dinamai AZD1222. Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Oxford University dan AstraZeneca untuk melawan infeksi virus corona.


KOMPAS.com- Data awal dari sebuah studi yang dilakukan para peneliti di University of Oxford menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 yang dikembangkan AstraZeneca efektif melawan varian P1, yakni varian baru virus corona dari Brasil.

Hasil studi tersebut disampaikan secara eksklusif kepada Reuters, Jumat (5/3/2021) oleh sumber yang tidak disebutkan namanya.

Data studi tersebut menunjukkan, vaksin Covid-19 tidak perlu dimodifikasi untuk melindungi terhadap varian virus corona P1, yang diyakini berasal dari kota Manaus di Amazon, dikutip dari Reuters, Sabtu (6/3/2021).

Sumber yang tidak menyebutkan namanya tersebut memberitahu bahwa kemanjuran dari vaksin AstraZeneca cukup tepat dalam melindungi dari varian baru virus corona Brasil tersebut.

Baca juga: Vaksin Oxford AstraZeneca Gagal Cegah Infeksi Covid-19 di Afrika Selatan

 

Hasil studi vaksin tersebut akan segera dirilis atau dipublikasikan secara resmi pada bulan Maret ini.

Kendati demikian, hasil awal menunjukkan vaksin AstraZeneca secara signifikan kurang efektif terhadap varian corona dari Afrika Selatan, yang memiliki kemiripan dengan varian virus P1 dari Brasil.

Akibatnya, Afrika Selatan menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca di negara tersebut.

Informasi terkait vaksin AstraZeneca yang efektif terhadap varian virus corona Brasil, muncul ketika studi plasma yang diterbitkan menjelang tinjauan sejawat pada Senin lalu.

Baca juga: AstraZeneca Sebut Vaksinnya Harus Efektif Lawan Varian Baru Covid-19

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.