Kompas.com - 30/01/2021, 12:01 WIB
Ilustrasi kucing, anak kucing. PIXABAY/SUPER-MAPIOIlustrasi kucing, anak kucing.

KOMPAS.com - Kasus viral jagal kucing di Jalan Tangguk Bongkar 7, Kelurahan Tegal Sari Mandala, Kecamatan Medan Denai, menghebohkan warga dan masyarakat luas. Kasus ini terungkap setelah ditemukannya bangkai kepala kucing.

Awalnya, seorang perempuan yang diduga pemilik seekor kucing di Medan kehilangan kucingnya. Bukannya menemukan si pus kesayangan dalam keadaan sehat, dia justru melihat tubuh kucingnya tidak utuh lagi.

Pemilik akun @soniarizkikarai menceritakan, kucingnya hilang selama dua hari.

Kemudian, dia mendapat informasi bahwa kucingnya dimasukkan karung goni oleh seseorang yang sering mengambil kucing untuk dibunuh lalu dijual dengan harga Rp 70.000 per kilogram.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sonia Rizkika Rai (@soniarizkikarai)

Pemilik kucing tersebut sudah melaporkan kasusnya ke Polsek Medan Area pada Kamis (28/1/2021).

Lantas, kenapa manusia bisa memutuskan untuk menyakiti atau tidak menyakiti seekor hewan?

Baca juga: Kristen Gray Dideportasi Ajak WNA Tinggal di Bali, Ini Kata Psikolog

Menanggapi persoalan ini, psikolog sosial asal Solo, Hening Widyastuti, mengatakan bahwa Tuhan menciptakan kehidupan semesta dengan sebuah harmoni keseimbangan alam antara manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan untuk saling mengasihi, menjaga dan menghargai satu sama lain.

Tindakan dan rasa saling mengasihi, menjaga dan menghargai satu sama lain itu bukan hanya berlaku untuk sesama manusia, tetapi juga dengan makhluk Tuhan lainnya.

Menurut Hening, setiap dari kita memiliki rasa untuk mengasihi hewan seperti ayam, burung, ikan, kucing, anjing, sapi dan lainnya.

"Dan ada (hewan) yang biasa untuk dikonsumsi harian atau hanya sekedar hewan peliharaan saja," kata Hening kepada Kompas.com, Sabtu (30/1/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X