Gempa Majene Miskin Gempa Susulan, Begini Analisis BMKG

Kompas.com - 16/01/2021, 16:30 WIB
Lokasi gempa Majene Sulawesi Barat magnitudo 6,2, Jumat (15/1/2021). BMKGLokasi gempa Majene Sulawesi Barat magnitudo 6,2, Jumat (15/1/2021).


KOMPAS.com- Gempa Majene kembali mengguncang wilayah ini dengan guncangan gempa susulan berkekuatan M 4,8 yang terjadi pada Sabtu (16/1/2021) pukul 06.32 WIB.

Episenter gempa susulan yang mengguncang wilayah Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat ini berlokasi di darat pada jarak 29 km arah tenggara Kota Mamuju.

Berdasarkan rilis yang disampaikan Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), Daryono, pusat gempa bumi ini relatif sedikit bergeser ke utara dari kluster seismisitas yang sudah terpetakan.

Gempa bumi tersebut adalah gempa ke-32 yang terjadi sejak Gempa Pembuka terjadi dengan kekuatan M 5,9 pada Kamis (14/1/2021) lalu.

Baca juga: Gempa Majene Kembali Terjadi, BMKG Ungkap Sudah 32 Kali Susulan

 

Akan tetapi, kara Daryono, gempa bumi ini menjadi gempa ke-23 pascagempa utama dengan kekuatan M 6,2 yang terjadi pada Jumat (15/1/2021) dini hari.

"Jika mencermati aktivitas gempa Majene saat ini, tampak produktivitas gempa susulannya sangat rendah. Padahal stasiun seismik BMKG sudah cukup baik sebarannya di daerah tersebut," ungkap Daryono.

Daryono mengungkapkan semestinya gempa-gempa kecil dapat terekam dengan baik. Namun demikian, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa gempa Majene di Sulawesi Barat ini memang miskin gempa susulan atau lack of aftershocks, kata Daryono.

"Fenomena ( gempa bumi di Majene) ini agak aneh dan kurang lazim," ungkap Daryono.

Sebab, menurutnya, gempa kuat di kerak dangkal atau shallow crustal earthquake dengan M 6,2, semestinya diikuti oleh banyak aktivitas gempa susulan.

Baca juga: 9 Fakta Gempa Majene, Sebabkan Korban Jiwa hingga Berpeluang Tsunami

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X