Kompas.com - 16/01/2021, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Space

KOMPAS.com- Pandemi virus corona masih berlangsung, serta kebakaran hutan di seluruh Australia, Siberia, dan Amerika Serikat membuat planet Bumi di tahun 2020 mencatatkan rekor suhu terpanas.

Studi yang dilakukan badan antariksa nasional AS, NASA, menunjukkan bahwa tahun 2016 menduduki peringkat sebagai tahun terpanas dalam catatan planet Bumi.

Namun, rekor suhu terpanas sepanjang tahun 2020 telah melampaui rekor sebelumnya dengan jumlah yang sangat kecil, di bawah sepersepuluh derajat, yang diumumkan NASA pada Kamis (14/1/2021) lalu.

Kendati demikian ada perbedaan antara dua tahun tersebut yang membuat kedua rekor ini menjadi efektif.

"Tahun ini telah menjadi contoh yang sangat mencolok, tentang bagaimana rasanya hidup di tengah dampak perubahan iklim yang paling parah yang telah kami prediksi," kata Lesley Ott, ahli meteorologi di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland, dikutip dari Space, Sabtu (16/1/2021).

Baca juga: Tahun 2020 Rekor Suhu Terpanas Kedua bagi Arktik, Ini Dampaknya...

Ada beberapa hal yang digarisbawahi dalam studi iklim yang dilakukan para ilmuwan NASA, di antaranya sebagai berikut.

Dampak Covid-19 terhadap iklim global

Upaya lockdown atau penguncian di awal pandemi Covid-19 pada tahun 2020, telah mengurangi sementara emisi nitrogen dioksida yang dilepaskan ke atmosfer.

"Namun, lockdown sementara menunjukkan bahwa kita dapat berubah dan mengubah dengan cepat," kata Piers Foster, rekan penulis studi dan direktur Pusat Internasional untuk Iklim Priestley di University of Leeds, Inggris.