Ditemukan, Makam Kaisar China dengan 5.000 Selir yang Gemar Membunuh

Kompas.com - 13/01/2021, 19:02 WIB
Stempel yang membuktikan bahwa makam tersebut adalah milik Kaisar Liu Zhi. Luoyang City Cultural Relics and Archaeology Research InstituteStempel yang membuktikan bahwa makam tersebut adalah milik Kaisar Liu Zhi.

KOMPAS.com - Sebuah makam misterius di Luoyang, China telah berhasil diidentifikasikan oleh para arkelog di Luoyang City Cultural Relics and Archaeology Research Institute sebagai makam Kaisar Liu Zhi atau Kaisar Huan.

Dilansir dari Live Science, Senin (11/1/2020); para arkeolog sebetulnya telah bertahun-tahun menduga bahwa makam tersebut adalah milik Liu Zhi. Namun, tidak ada bukti kuat yang mendukung dugaan tersebut.

Hingga akhirnya, stempel Kaisar Liu Hong yang merupakan penerus Liu Zhi ditemukan dalam penggalian yang telah berlangsung sejak 2017. Catatan sejarah menyebutkan bahwa Liu Hong membangun makam untuk Liu Zhi setelah Liu Zhi meninggal.

Bersama dengan dokumen sebelumnya yang mendeskripsikan, lokasi makam Kaisar Liu Zhi, tim peneliti yang dipimpin oleh Wang Xianqiu pun menjadi yakin bahwa makam tersebut adalah makam Kaisar Liu Zhi.

Baca juga: Arkeolog Temukan Kamar Rahasia di Istana Emas Kaisar Nero di Roma

Kaisar pembunuh dengan 5.000 selir

Liu Zhi bukan kaisar dengan reputasi terbaik dalam sejarah China.

Memimpin pada tahun 146-168 SM, masa Kekaisaran Liu Zhi diwarnai dengan bencana kelaparan, pemberontakan dan pembantaian pejabat istana.

Dalam catatan yang dibuat oleh sejarawan China, Sima Guang, pada abad ke-11, misalnya; dituturkan bahwa menanggapi bencana kelaparan dan pemberontakan, Liu Zhi malah membantai pejabat-pejabatnya.

Salah satu yang dibantai adalah Liang Ji, seorang pejabat senior yang membantunya naik tahta. Liu Zhi membantai Liang Ji bersama keluarganya pada tahun 159.

Tentunya hal ini tidak menyelesaikan masalah. Pada tahun 166, para siswa yang bersiap untuk mengikuti ujian kenegaraan, berdemonstrasi dan mengkritik Liu Zhi. Protes mereka dihentikan secara paksa oleh tentara-tentara Liu Zhi dan para siswa ditangkap.

Sejarah juga mencatat kampanye militer berdarah yang dilaksanakan oleh Liu Zhi dan menyebabkan banyak pemberontakan.

Baca juga: Tulisan 2.000 Tahun Ungkap Kisah Kaisar China yang Ingin Hidup Abadi

Situs penggalian makam Liu Zhi. Situs penggalian makam Liu Zhi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X