Waspada Cuaca Ekstrem Akhir Pekan di Indonesia, Ini 2 Penyebabnya

Kompas.com - 28/11/2020, 16:00 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem, cuaca buruk, peringatan dini cuaca ShutterstockIlustrasi cuaca ekstrem, cuaca buruk, peringatan dini cuaca

KOMPAS.com - Meski bulan Oktober sudah memasuki musim hujan, sebagian wilayah Indonesia justru baru memasuki periode musim hujan pada bulan November ini.

Nah, dalam periode musim hujan kecenderungan cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang bisa disertai kilat atau petir dan juga angin kencang sangat mungkin terjadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memprediksi beberapa wilayah Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem pada akhir pekan ini, Sabtu-Minggu, 28-29 November 2020.

Kondisi cuaca ekstrem tersebut bisa terjadi akibat adanya aktivitas atmosfer sirkulasi siklonik dan konvergensi (percepatan atau perlambatan angin).

Baca juga: Sedang Musim Hujan, Kenapa Cuaca Indonesia Panas? Ini Penjelasan BMKG

1. Sirkulasi siklonik

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Aceh (925-700 mb) yang membentuk daerah perambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari perairan barat Sumatera Barat hingga Sumatera Utara bagian timur.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di perairan utara Pulau Kalimantan (925-700 mb) dan di perairan utara Maluku Utara (925-700 mb).

Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik.

2. Konvergensi

Sementara itu, daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya terpantau memanjang dari Kalimantan Timur bagian utara hingga Selat Makassar bagian utara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X