Serba-serbi Hewan: 5 Cara Lumba-lumba Berkomunikasi

Kompas.com - 13/11/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi lumba-lumba. pixabay.com/MariamichelleIlustrasi lumba-lumba.

KOMPAS.com - Lumba-lumba merupakan hewan yang menakjubkan dan unik. Selain pintar dan bersahabat, lumba-lumba juga mampu berkomunikasi dengan berbagai macam cara.

Salah satu cara terbaik untuk memahami sahabat bawah laut kita mungkin dengan mengenali cara mereka berkomunikasi.

Dilansir Discovery Cove edisi 5 September 2018, setidaknya ada 5 cara yang biasa digunakan lumba-luma untuk berkomunikasi.

Baca juga: Serba Serbi Hewan: Kenapa Ngengat Tertarik pada Cahaya Lampu?

1. Sonar Biologis

Mirip kelelawar, lumba-lumba memiliki sonar biologis yang disebut ekolokasi.

Alat ini mampu mendeteksi berbagai hal yang ada di sekitar lingkungannya dengan memancarkan frekuensi suara bernada rendah atau tinggi. Hal ini seperti sensasi gema.

Lumba-lumba akan menghitung seberapa lama pantulan suara atau gema tersebut kembali.

Ekolasi lumba-lumba sangat akurat. Mereka bisa mendeteksi ukuran objek, arah perjalanan, kepadatan, serta posisi suatu objek ada di atas atau di bawah lumba-lumba.

Teknik ini penting bagi lumba-lumbasaat berada di bawah air. Pasalnya meski penglihatan terbatas saat di bawah air, mereka tetap dapat menemukan makanan dan bisa menghindari bahaya.

2. Bersiul

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X