Mulai Malam Ini, Saksikan Tripel Konjungsi Bulan-Jupiter-Saturnus di Langit Indonesia

Kompas.com - 24/09/2020, 17:02 WIB
Fenomena langka, konjungsi Bulan, Jupiter dan Saturnus akan sejajar pada Selasa (7/7/2020) malam. LAPAN/Aplikasi StellariumFenomena langka, konjungsi Bulan, Jupiter dan Saturnus akan sejajar pada Selasa (7/7/2020) malam.


KOMPAS.com- Sejumlah fenomena langit akan menemani dan menghiasi malam Anda hari ini, Kamis (24/9/2020) sampai Sabtu (26/9/2020).

Di antaranya adalah fase perbani awal, deklinasi maksimum selatan Bulan dan tripel konjungsi antara Bulan- Jupiter- Saturnus, yang akan menghiasi langit Indonesia.

Ketiga fenomena langit di Indonesia ini dapat Anda saksikan dengan mata secara langsung dan menggunakan bantuan alat optik, dengan catatan langit bersih dari polusi cahaya dan cuaca cerah. Berikut penjelasan lebih rincinya.

1. Fase perbani awal, 24 September 2020

Berdasarkan keterangan tertulis dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan), fase perbani awal ini merupakan keadaan di mana Bulan berjarak 378.549 km dari Bumi atau geosentris.

Baca juga: Malam Ini, Konjungsi Merkurius-Spica dan Ekuinoks September Hiasi Langit Indonesia

 

Pada keadaan ini, Bulan terletak pada konstelasi Sagitarius dekat manzilah Naáin atau teapot.

Bulan akan terbit di sekitar tengah hari dari arah Timur Menenggara, kemudian berkulminasi di arah Selatan setelah terbenam Matahari dan Bulan terbenam dari arah Barat-Barat Daya setelah tengah malam.

 

2. Deklinasi maksimum selatan Bulan, 25 September 2020

Deklinasi maksimum Selatan bermakna Bulan terletak pada posisi paling Selatan dari ekuator langit, sebagaimana solstis Desember pada Matahari.

Bulan akan berada deklinasi maksimum Selatan pada pukul 02.10 WIB dengan jarak geosentris 283.215 km, iluminasi 57,72 persen dan lebar sudut 18 menit busur.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X