Kompas.com - 29/08/2020, 11:03 WIB
Ilustrasi terumbu karang yang sehat dan belum terkena dampak pemanasan global yang menyebabkan pemutihan karang karena kenaikan suhu air laut. Ilustrasi terumbu karang yang sehat dan belum terkena dampak pemanasan global yang menyebabkan pemutihan karang karena kenaikan suhu air laut.

KOMPAS.com - Menjaga keberlangsungan dan kelestarian alam membantu manusia tetap hidup dengan arif dan terhindar dari bencana akibat kerusakan alam.

Salah satu yang patut dijaga bersama adalah ekosistem terumbu karang.

Tanpa disadari, terumbu karang sebenarnya berperan penting dalam kehidupan biota laut dan manusia.

Ekosistem terumbu karang menjadi rumah bagi 93.000 spesies biota laut, bahkan diperkirakan lebih dari satu juta spesies mendiami eksositem ini.

Baca juga: Manusia Butuh Terumbu Karang, Ini Tindakan yang Tidak Boleh Dilakukan

Ekosistem terumbu karang bermanfaat dalam sumber pangan, sumber bahan bangunan, kosmetik, obat-obatan, hingga sumber mata pencaharian manusia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ekosistem terumbu karang juga merupakan laboratorium alam yang sangat menunjang pendidikan serta penelitian dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan.

Namun, di tengah banyaknya manfaat terumbu karang tersebut, nyatanya kekayaan kita itu terancam kelestariannya akibat ulah manusia.

Mulai dari penangkapan ikan secara berlebihan dan menggunakan bahan berbahaya seperti bom dan putas, mendirikan bangunan di sekitar pesisir, penebangan hutan dan pohon, pelemparan jangkar dan berjalan di atas terumbu karang, hingga perubahan iklim juga berpengaruh terhadap potensi kerusakan terumbu karang.

Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk membantu menjaga ekosistem terumbu karang tetap baik di alamnya?

Biodiversity Warriors (BW) KEHATI Member, Kezia Ruth mengatakan bahwa di samping risiko kerusakan ekosistem terumbu karang yang semakin tinggi, masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu kelestarian terumbu karang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X