Pertama Kalinya, RSUI Berhasil Implan Koklea pada Anak Usia 3 Tahun

Kompas.com - 14/08/2020, 18:02 WIB
Operasi implan koklea yang dilakukan oleh RSUI terhadap anak laki-laki berusia 3 tahun yang tuli dari lahir. DOK. RSUIOperasi implan koklea yang dilakukan oleh RSUI terhadap anak laki-laki berusia 3 tahun yang tuli dari lahir.

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Rumah Sakit Universitas Indonesia ( RSUI) berhasil melakukan implan koklea (coclear implant) atau alat bantu kepada pasien yang mengalami tuli sejak lahir.

Tindakan operasi implantasi koklea ini dilakukan tim kerja multidisiplin ilmu medis dan non medis RSUI dalam waktu sekitar 1,5 jam, kepada pasien laki-laki berusia 3 tahun.

Apa itu implan koklea?

Sebagai informasi, operasi implantasi alat bantu dengar berupa koklea atau rumah siput merupakan tindakan menanam elektroda untuk organ pendengaran yang berisi saraf-saraf pendengaran yang terletak di telinga dalam.

Elektrode tersebut yang akan menggantikan fungsi koklea sebagai organ pendengaran.

Operasi ini diperuntukkan bagi penderita gangguan pendengaran sangat berat yang tidak dapat tertolong dengan pemakaian alat bantu dengar biasa.

Kerusakan pendengaran yang terjadi pada organ telingan luar seperti daun telinga dan telinga tengah yaitu gendang telinga masih dapat ditolong dengan alat bantu dengan ataupun operasi.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Kita Punya Kotoran Telinga?

Sedangkan, jika kerusakan yang dialami adalah organ telinga dalam (koklea) yang sangat berat, maka hanya dapat ditolong dengan implantasi koklea.

Gangguan pendengaran, jika tidak diatasi, akan sangat mengganggu produktivitas dan membuat penderitanya terisolasi dari lingkungan karena berpotensi membuat penderita kehilangan kemampuan mendengar dan berbicara.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahun rata-rata 1-3 dari 1.000 kelahiran bayi mengalami gangguan pendengaran.

Mekanisme tindakan operasi implan koklea

Dokter spesialis THT RSUI, Dr dr Fikri Mirza Putranto Sp THT-KL(K) menjelaskan bahwa implantasi koklea di RSUI dilakukan melalui beberapa tahapan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X