Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2020, 09:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Hingga saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum merekomendasikan secara pasti mengenai vaksin dan obat yang bisa dipergunakan untuk penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona.

Dengan demikian, upaya yang bisa dilakukan selama menunggu rekomendasi resmi vaksin dan obat tersebut adalah dengan mengupayakan pencegahan semaksimal mungkin.

Dalam upaya pencegahan ini, Ketua Persatuan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI), dr Moh Adib Khumaidi SpOT mengatakan menjaga daya tahan tubuh adalah satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap individu agar tidak terinfeksi.

"Kita harus memastikan daya tahan tubuh kita kuat sebelum kita ke luar rumah," kata Adib dalam diskusi daring bertajuk Kalbe Farma Tbk: Tangguh Hadapi New Normal, Rabu (1/7/2020).

Baca juga: Ini Hasil Investigasi Kementan Terkait Bakteri Listeria di Jamur Enoki Korea Selatan

Beberapa cara yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan jika diperlukan konsumsi suplemen penunjang daya tahan tubuh.

Dalam kesempatan yang sama, Guru Besar sekaligus Pakar Biomolekuler Universitas Brawijaya, Prof Widodo SSi MSi menambahkan di banyak negara termasuk di Indonesia sendiri, kita memiliki banyak bahan alam yang bagus dan baik, serta efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Bahan dari alam kita cukup banyak misal jahe, ekstrak nanas, meniran ini bisa menstimulasi atau mem-balancing (menyeimbangkan) daya tahan tubuh kita," kata Widodo.

Ilustrasi obat herbal, ilmuwan sedang meracik obat herbal.Shutterstock/paulynn Ilustrasi obat herbal, ilmuwan sedang meracik obat herbal.

Baca juga: LIPI Kembangkan Daun Ketepeng Badak dan Benalu Jadi Antivirus Corona

Sementara itu, Widodo juga menyebutkan salah satu contoh bahan alami lainnya yang mempunyai manfaat dalam menyeimbangkan daya tahan tubuh adalah jamur Cordyceps militaris.

Apa manfaat jamur Cordyceps militaris?

Widodo menjelaskan bahwa dalam kajian yang dilakukan, jamur Cordyceps militaris ini ternyata merupakan salah satu bahan natural terbaik untuk memperkuat imunitas tubuh.

Hal itu dikarenakan, jamur Cordyceps militaris mengandung Cordycepin, Adenosin dan Polisakarida.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com