Kompas.com - 12/06/2020, 07:01 WIB
Ilustrasi es krim. shutterstockcom/SomphopNIlustrasi es krim.

KOMPAS.com - Menjaga daya tahan tubuh berarti memiliki pola makan yang sehat. Asupan makanan harus memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, namun tidak berlebihan.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana Felecia Suganda, M.Kes, Sp.GK menjelaskan, untuk memenuhi gizi yang seimbang dan menjaga daya tahan tubuh, terdapat beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari.

"Harus dihindari karena membuat kita lebih mudah mengalami inflamasi atau peradangan dalam tubuh," ujarnya dalam webinar RSPI: Gizi Baik untuk Meningkatkan Imunitas, Rabu (10/6/2020).

Baca juga: Empon-empon Bermanfaat untuk Tubuh, tapi Harus dengan Pola Makan Seimbang

Ia mengungkapkan, produk yang mengandung gula atau karbohidrat sederhana merupakan salah satu yang harus dihindari. Karbohidrat sederhana mudah dicerna oleh tubuh dan memicu kenaikan gula darah dengan cepat.

Contoh produk dari karbohidrat sederhana adalah gula yang terdapat dalam produk makanan dan minuman kemasan, biskuit, kue, permen, wafer, atau es krim.

Produk-produk yang mengandung banyak gula biasanya hanya mengandung kalori tinggi, namun tidak mengandung nutrisi.

"Ini makanan-makanan enak semua memang, mengandung gula-gula," kata Diana.

Baca juga: Batasi Gula, Garam, dan Lemak untuk Cegah Diabetes Saat Pandemi Corona

Selain itu, Anda perlu menghindari produk yang mengandung lemak jenuh (trans fat). Ini banyak ditemui pada makanan cepat saji (junk food), seperti pizza, hamburger, atau nugget.

Produk yang tinggi garam juga perlu dihindari. Ini banyak terkandung dalam makanan kalengan dan makanan yang diawetkan.

"Makanan cepat saji juga itu biasanya tinggi sekali garamnya, jadi harus dikurangi," tambahnya.

Ilustrasi pizza.shutterstock.com/KiattisakLamchan Ilustrasi pizza.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X