Mengapa Berat Badan Terus Naik Usai Melahirkan?

Kompas.com - 11/06/2020, 18:32 WIB
Ilustrasi menimbang berat badan shutterstockIlustrasi menimbang berat badan

KOMPAS.com - Banyak wanita yang setelah melahirkan tidak mengalami penurunan berat badan. Malah, hari lepas hari timbangan terus bergerak ke arah kanan.

Melansir laman Healthcare University of Utah, Kamis (11/6/2020); kenaikan berat badan usai melahirkan dapat disebabkan oleh tiga hal, yaitu gangguan tiroid, kurangnya jam tidur, dan stres.

Pakar kesehatan wanita Dr. Kirtly Parker Jones menjelaskan, beberapa wanita mengalami peradangan dan pembengkakan kelenjar tiroid, baik saat hamil ataupun pasca melahirkan.

Salah satu dampak dari gangguan kelenjar tiroid ini adalah kenaikan berat badan.

Baca juga: Halo Prof! Bagaimana Cara Menurunkan Berat Badan untuk Pelajar?

"Jadi, jika Anda mengalami masalah kenaikan berat badan pasca melahirkan, bisa konsultasi dengan dokter, yang mungkin Anda akan perlu tes tiroid," ujar Jones.

Di sisi lain, sulit tidur juga menyebabkan naiknya berat badan. Pasca melahirkan, wanita akan mengalami kekurangan waktu tidur lantaran menjaga sang buah hati.

Biasanya, seorang ibu baru harus rela tidur kurang dari lima jam setiap malamnya.

Alasan lain dari kenaikan berat badan usai melahirkan adalah stres. Menjadi ibu baru bukanlah perkara yang mudah dan seringkali membuat stres.

Baca juga: Sains Diet: Jika Ingin Turunkan Berat Badan, Lebih Baik Sarapan Tidak?

Hormon stres meningkatkan berat badan. Terlebih ketika stres, wanita cenderung memilih mengonsumsi makanan sebagai pelampiasan.

"Jadi begitulah, masalah tiroid, sulit tidur, dan stres berkontribusi terhadap kenaikan berat badan pasca melahirkan," kata Jones.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X