Kompas.com - 28/05/2020, 16:32 WIB

KOMPAS.com - Ilmuwan China kembali menemukan perilaku virus corona dalam menghindari respons sistem kekebalan tubuh.

Melansir South China Morning Post (SCMP), Kamis (28/5/2020), novel coronavirus atau SARS-CoV-2 menggunakan strategi yang sama untuk menghindari serangan dari imun tubuh manusia yang sama dengan virus HIV.

Menurut studi baru yang dilakukan ilmuwan China, kedua virus ini menghilangkan molekul penanda pada permukaan sel yang terinfeksi.

Molekul yang terinfeksi ini biasanya akan digunakan sistem kekebalan tubuh untuk mengidentifikasi penyerang, kata peneliti dalam makalah non-peer review di situs pracetak bioRxiv.org.

Baca juga: Virus Corona Memang Bermutasi, tetapi Kita Tidak Perlu Panik

Para peneliti memperingatkan, kesamaan ini dapat berarti virus corona SARS-CoV-2, kemungkinan akan terus ada seperti HIV.

Ahli virologi Zhang Hui dan timnya dari Universitas Sun Yat-sen di Guangzhou juga mengatakan penemuan ini menambah bobot pengamatan klinis.

Ilustrasi imunitas turun akibat gangguan psikosomatik terhadap infeksi virus corona penyebab Covid-19. Ilustrasi imunitas turun akibat gangguan psikosomatik terhadap infeksi virus corona penyebab Covid-19.