Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: Gempa Dangkal M 4,9 Guncang Enggano Bengkulu

Kompas.com - 28/05/2020, 16:18 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo M 4,9 mengguncang wilayah Enggano Bengkulu, pukul 08.40 WIB pada Kamis (28/5/2020).

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 5,92 LS - 102,93 BT.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Bandung, Tony Agus Wijaya SSi mengatakan lokasi tepatnya gempa bumi tersebut ada di laut pada jarak 97 kilometer Tenggara Enggano Bengkulu, pada kedalaman 47 kilometer.

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal," kata Tony dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Viral Suara Dentuman di Jawa Tengah, BMKG Sebut Bukan dari Gempa Bumi

Gempa bumi dangkal yang terjadi itu diakibatkan oleh aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menyelusup menuju ke bawah lpeng Eurasia.

Gempa bumi bermagnitudo M 4,9 di Bengkulu ini digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau shakemap BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat, dampak getarannya di rasakan di Liwa dengan intensitas I-II MMI.

"Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," ujar dia.

Selain itu, meski guncangan gempa bumi yang terjadi berpusat di laut, tetapi dari hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Dipicu Sesar Muria, Kudus Diguncang Gempa Tektonik

Terkait gempa bumi susulan, hasil monitoring BMKG hingga pukul 08.57 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Menanggapi gempa bumi di Bengkulu ini, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com