Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kalori yang Terbakar saat Shalat? Studi Ungkapkan

Kompas.com - 29/04/2020, 04:20 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com – Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti asal Kuwait membuktikan bahwa gerakan shalat dapat membakar kalori.

Studi tersebut dilakukan oleh Dr Jasem Ramadhan, peneliti dari Kuwait University dalam jurnal berjudul “Bioenergetics of Islamic Prayers”.

Studi tersebut menghitung jumlah oksigen yang masuk ke dalam tubuh serta banyaknya kalori yang terbakar saat shalat.

Baca juga: Kenapa Orang Islam Shalat Saat Gerhana?

Mengutip Healthline, Selasa (28/4/2020), shalat wajib bagi umat muslim dilakukan sebanyak lima kali dalam sehari. Setiap rakaat terbagi menjadi empat gerakan yaitu berdiri, membungkuk, bersujud, dan duduk. Setiap rakaat berlangsung antara tiga hingga enam menit lamanya.

Dr Ramadan menganalisis banyaknya energi yang dikeluarkan dari shalat dua rakaat dan empat rakaat terhadap 32 pria dan wanita.

Ilustrasi shalat, shalat tarawihShutterstock Ilustrasi shalat, shalat tarawih

Hasilnya, ia menemukan bahwa shalat meningkatkan fungsi metabolism tubuh. Untuk seseorang dengan berat badan 80 kg, energi yang dikeluarkan untuk shalat dalam sehari adalah 80 kalori.

Shalat telah dilakukan ribuan tahun lamanya, dan tidak ada yang mengira bahwa ini merupakan latihan fisik juga,” tutur Dr Ramadan.

Baca juga: Imbauan Falakiyah NU, Kenapa Orang Islam Shalat Saat Gerhana?

Gerakan shalat mengharuskan umat muslim untuk berdiri, membungkuk, sujud, duduk, kemudian kembali dalam posisi berdiri. Bayangkan jika rutinitas tersebut dilakukan setiap hari dalam waktu puluhan tahun.

“Gerakan yoga yang asli juga seperti ini. Melenturkan tubuh ke arah atas, membungkuk, bersujud, berdiri lagi, begitu seterusnya,” tambah ia.

Baca juga: Studi Buktikan, Gerakan Shalat Bantu Kurangi Sakit Punggung

Sebuah studi lain dilakukan oleh para peneliti di Binghamton University, New York. Studi tersebu membuktikan bahwa gerakan shalat bisa meredakan nyeri punggung.

Studi yang dilakukan pada 2017 tersebut membuktikan bahwa gerakan fisik dalam ritual shalat bisa mengurangi sakit punggung bagian bawah, apabila dilakukan secara rutin dan benar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com