Viral Lemon dan Teh Bunuh Virus Corona, Ahli Tegaskan Itu Hoaks

Kompas.com - 21/04/2020, 13:02 WIB
ilustrasi lemon ilustrasi lemon

KOMPAS.com - Banyak informasi beredar seputar obat herbal yang bisa menangkal virus corona, dalam hal ini SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Salah satunya adalah dua bahan alami yaitu teh dan lemon, yang dicampur dan dikonsumsi selagi hangat, dengan tujuan menghilangkan atau membunuh virus corona.

Begini isi narasi yang beredar dalam grup Whatsapp:

Kabar gembira dan istimewa.. di Palestina korban covid 19 tidak ada yng mati...Berita super.. obat virus covid 19 sudah tercapai informasi dari negara Islam Palestina.. virus covid 19 tidak menyebabkan kematian.. ternyata resepnya sangat sederhana tapi sangat ampuh.. hanya 1 teh..2 lemon..minumlah teh panas setelah di campur perasan lemon..dapat segera membunuh virus covid 19..dan dapat sepenuhnya menghilangkan virus covid 19 dari tubuh...2 bahan ini membuat sistem kekebalan tubuh menjadi bersifat basa.. karena ketika malam tiba sistem tubuh menjadi asam.. kemampuan detensif juga akan berkurang.. itulah sebabnya orang Palestina santai saja dengan menyebarnya virus covid 19... Di Palestina semua orang minum segelas air panas dengan sedikit lemon di malam hari... Karena telah terbukti membunuh virus covid 19 secara total... Bagikan resep sakti ini kepada siapapun untuk memburu pahala... Resep sederhana ini sangat efektif karena tidak akan terinfeksi virus covid 19.. Atas izin ALLAH...Selamat mencoba...

Baca juga: Gejala Baru Virus Corona, Muncul Lesi Keunguan di Sekitar Jari Kaki

Kompas.com menghubungi Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisonal dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR dr Inggrid Tania MSi, untuk memastikan kebenaran narasi tersebut.

Inggrid pun langsung menyebutkan bahwa informasi tersebut adalah informasi palsu atau hoaks.

"Ini (narasi yang beredar) hoaks," kata Inggrid melalui pesan singkat, Senin (20/4/2020).

Ilustrasi teh jaheshutterstock Ilustrasi teh jahe

Lebih lanjut Inggrid menjelaskan, lemon dan teh masing-masing memang bersifat antioksidan. Jika dicampur, maka sifat antioksidan dalam campuran tersebut akan lebih tinggi lagi.

"Bahan alam yang bersifat antioksidan, biasanya bersifat meregulasi sistem imun dengan menangkal radikal bebas pada proses peradangan," ujar dia.

Baca juga: Resep Ramuan Herbal untuk Tingkatkan Imun di Tengah Corona dari Ahli

Lemon dan teh juga disebutkan Inggrid memang memiliki zat aktif yang punya sifat antivirus dan bisa mengurangi gejala batuk ringan.

"Tapi belum terbukti untuk mencegah maupun mengobati Covid-19," ujar dia.

Untuk diketahui, data per tanggal (21/4/2020), ada 449 pasien positif Covid-19 di negara Palestina dan 3 orang meninggal dunia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X