Kamasutra Satwa: Lemur Jantan "Pakai Parfum" Aroma Buah Sebelum Kawin

Kompas.com - 21/04/2020, 08:07 WIB
Pergelangan tangan lemur ekor cincin jantan (Lemur catta) mengeluarkan aroma manis yang berfungsi menarik perhatian betina. newscientistPergelangan tangan lemur ekor cincin jantan (Lemur catta) mengeluarkan aroma manis yang berfungsi menarik perhatian betina.

KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk menarik perhatian betina ketika musim kawin tiba. Seperti halnya juga yang dilakukan oleh lemur ekor cincin jantan ( Lemur catta), hewan asal pulau Madagaskar ini.

Lemur ekor cincin jantan menarik perhatian si betina dengan mengeluarkan aroma manis mirip bau buah. Bau tersebut dihasilkan dari kelenjar yang terdapat pada pergelangan tangan mereka.

Lemur ekor cincin memiliki kelenjar aroma yang berkembang baik di bahu dan pergelangan tangan.

Kelenjar itu melepaskan bahan kimia tertentu, yang mampu menunjukkan peringkat sosial atau menandai wilayah lemur.

Baca juga: Termasuk Primata, Kenapa Lemur Madagaskar Ini Justru Mirip Tupai?

Namun dalam pengamatan perilaku, lemur ekor cincin ternyata juga menggunakan aroma yang berasal dari kelenjar untuk menarik perhatian betina.

Selama musim kawin, lemur akan menggosok pergelangan tangan ke ekor berbulu mereka dan mengibaskan ekornya ke arah lemur betina.

Dalam studi yang terbit di jurnal Current Biology, peneliti dari Universitas Tokyo, Kazushige Touhara bersama tim mengamati perilaku lemur ekor cincin di pusat penelitian.

Mereka menemukan bahwa lemur betina cenderung mengendus lemur jantan sekitar 2 detik lebih lama selama musim kawin.

Untuk menyelidiki apa yang sebenarnya dicium oleh lemur betina tersebut, tim peneliti mengumpulkan sekresi dari pergelangan tangan lemur jantan dan menganalisisnya di laboratorium.

Dengan menggunakan analisis kimia, para peneliti menemukan tiga senyawa - yang disebut aldehid - yang bertanggung jawab atas aroma itu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X