Kompas.com - 15/04/2020, 18:31 WIB
Ilustrasi vaksin corona ShutterstockIlustrasi vaksin corona


KOMPAS.com - Ilmuwan di seluruh dunia terus berlomba menemukan vaksin dan obat untuk melawan infeksi virus corona, SARS-CoV-2, penyebab penyakit Covid-19.

Hanya dalam beberapa bulan setelah pandemi Covid-19, sekitar 115 vaksin virus corona telah dikembangkan para ilmuwan dan peneliti di seluruh dunia.

France's Pasteur Institute, seperti melansir Science Alert, Rabu (15/4/2020), sedang berupaya menggunakan vaksin campak yang dimodifikasi untuk "memperdaya" tubuh agar memproduksi antibodi terhadap virus corona, SARS-CoV-2.

Pada Maret lalu, Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) dari Norwegia, menyetujui dana penelitian praklinis.

Baca juga: Apakah Vaksin Lawas Bisa Cegah Infeksi Corona Covid-19?

 

Vaksin campak tersebut adalah satu dari delapan kandidat vaksin yang didukung CEPI. Meskipun hanya dua atau tiga proyek yang akan didanai hingga tahap regulasi dan disetujui.

Lembaga ini memperkirakan sedikitnya pengembangan vaksin Covid-19 untuk mengimunisasi miliaran orang dalam waktu singkat, akan menelan biaya hingga 2 miliar dolar AS.

Akan tetapi, kepala laboratorium institut inovasi vaksin mengatakan imunisasi adalah satu-satunya solusi nyata untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Dia membandingkan solusi nyata menggunakan vaksin, dengan langkah-langkah preventif seperti social distancing atau physical distancing dan isolasi mandiri.

Baca juga: Update Vaksin Corona dari WHO, 70 Kandidat dan 3 Uji Coba pada Manusia

"Menurut apa yang kita ketahui tentang potensi menular dari SARS-CoV-2, sebanyak 60 persen sampai 70 persen populasi manusia perlu diimunisasi," jelas Tangy seperti mengutip Business Insider.

Pasteur Institute sejak lama memiliki reputasi baik dalam memerangi penyakit menular.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.