Hoaks, Angin Utara Bawa Wabah Penyakit dan Ajakan Berhenti Total 3 Hari

Kompas.com - 10/04/2020, 09:33 WIB
Ajakan berhenti total tiga hari yang viral. Ajakan berhenti total tiga hari yang viral.Ajakan berhenti total tiga hari yang viral.

KOMPAS.com - Para ahli menegaskan bahwa ajakan berhenti total selama tiga hari untuk melawan virus dan kabar angin utara yang membawa wabah penyakit dari Australia ke Indonesia, adalah hoaks atau informasi palsu.

Kedua kabar ini dibantah oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan juga ahli kesehatan masyarakat.

1. Angin utara yang membawa wabah penyakit

Beredar narasi yang menyebutkan bahwa kita harus menggunakan masker selama tiga hari karena angin bertiup dari utara ke selatan membawa wabah penyakit.

Berikut narasi lengkapnya:

kenapa kita dianjurkan untuk makai masker di tgl 10-12 april
“URGENT"
Sbg informasi dari Bpk Dir-1...
Bhw 3 hari kedepan diusahakan seluruh anggota keluarga masing2 di Rmh...utk tdk keluar rmh, walau hanya utk berjemur, klu tdk sgt terpaksa..
Krn dlm 3 hari kedepan Arus angin dari Utara ke arah Selatan yg membawa wabah (penyakit) akan melewati Indonesia menuju Australian..
Tolong diinformasikan kpd teman2 yg tdk ada di grup ini...
Terimakasih...

Baca juga: Terinfeksi Virus Corona tapi Tak Bergejala, Kok Bisa? Ini Penjelasan Ahli

Plt Deputi Bidang Meteorologi, Drs Herizal MSi, menyatakan bahwa isu tersebut dipastikan bukan berasal dari BMKG dan isi informasi tersebut adalah hoaks, serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG menegaskan bahwa pada saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau sehingga sirkulasi angin tidak lagi didominasi angin dari utara yang berasal dari Benua Asia.

"Bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur ke selatan dari Benua Australia," kata Herizal dalam keterangan tertulis yang dibagikan kepada awak media, Kamis (9/4/2020).

2. Berhenti total tiga hari

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X