Studi Genom Tunjukkan Kasus Virus Corona di New York dari Eropa

Kompas.com - 09/04/2020, 20:03 WIB
Paramedis membawa seorang pasien ke pusat gawat darurat di Rumah Sakit Maimonides selama wabah virus corona di Brooklyn, New York City, AS, pada 7 April 2020. REUTERS/Brendan McDermidParamedis membawa seorang pasien ke pusat gawat darurat di Rumah Sakit Maimonides selama wabah virus corona di Brooklyn, New York City, AS, pada 7 April 2020.


KOMPAS.com - Dalam sebuah studi baru yang dilakukan para peneliti menunjukkan virus corona yang beredar di New York, Amerika Serikat dibawa oleh para turis, terutama dari Eropa, bukan Asia.

Melansir New York Times, Kamis (9/4/2020), beberapa minggu sebelum kasus pertama dikonfirmasi, banyak wisatawan Eropa yang datang membawa virus yang menyebabkan Covid-19.

"Mayoritas jelas orang Eropa," kata Harm van Bakel, ahli genetika School of Medicine di Mount Sinai, salah satu penulis penelitian ini.

Sementara itu, tim peneliti dari NYU Grossman School of Medical menyimpulkan hipotesa yang mirip, meskipun mempelajari kelompok kasus yang berbeda.

Baca juga: Fase Baru Virus Corona di Amerika Tidak Terdeteksi, Ahli Peringatkan

Kedua tim peneliti ini menganalisis genom dari virus corona yang diambil di New York mulai pertengahan Maret lalu.

Hasil penelitian mengungkapkan penyebaran virus corona, SARS-CoV-2 sebelumnya tersembunyi mungkin dapat terdeteksi, apabila program pengujian dilakukan secara agresif.

Pada 31 Januari, Presiden Donald Trump melarang warga negara asing memasuki Amerika Serikat, jika sebelumnya mereka berada di China selama dua minggu.

Kemudian pada akhir Februari, Italia mengumumkan lockdown dan menutup sejumlah kota penting di negara tersebut.

Baca juga: Jangan Tolak Jenazah Pasien Covid-19, Corona Tidak Menyebar di Tanah

Pada 11 Maret, Trump mengatakan akan memblokir pelancong dari sebagian besar negara di Eropa.

Dr. Adriana Heguy, seorang anggota tim peneliti dari NYU dan Dr. van Bakel adalah anggota perhimpunan para sejarawan virus internasional.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X