Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siapa Dr Deep Sea, Ilmuwan Pemecah Rekor Terlama Hidup di Bawah Air?

KOMPAS.com - Joseph Dituri yang memiliki julukan Dr. Deep Sea, baru-baru ini, ilmuwan tersebut memecahkan rekor waktu terlama menghabiskan hidup di bawah air.

Insinyur biomedis berusia 55 tahun yang juga mantan penyelam saturasi Angkatan Laut Amerika Serikat selama 100 hari berturut-turut, antara 1 Maret hingga 9 Juni, tinggal di dalam Jules Undersea Lodge di lepas pantai Florida.

Aktivitas Dr Deep Sea itu disebut Proyek Neptunus yang merupakan upaya ilmiah untuk mempelajari efek hidup di lingkungan yang bertekanan tinggi secara berkelanjutan.

Menurut Guinness World Records, pencapaian Dr. Deep Sea melampaui pemegang rekor tinggal terlama di habitat bawah air sebelumnya, Bruce Cantrell dan Jessica Fain, ilmuwan yang menghabiskan 73 hari tinggal di Jules Undersea Lodge pada tahun 2014.

Dr Deep Sea dan rasanya tinggal di bawah laut

Dilansir dari Live Science, Senin (12/6/2023) Dituri di hari ke-80 misi pun sempat menjelaskan bagaimana rasanya hidup di ruangan tertutup di bawah air dan bagaimana tubuh serta otaknya berubah seiring waktu.

Jules Undersea Lodge sendiri terletak 9 meter di bawah permukaan laut di perairan pesisir Key Largo. Tempat tersebut memiliki luas permukaan sekitar 9 meter persegi dan bertekanan sekitar 1,7 atmosfer.

Hari-hari Dituri di bawah laut sangat padat. Dr Deep Sea melakukan tes medis pada dirinya sendiri, mengajar siswa di kelasnya di University of South Florida, melakukan wawancara, berbagi, video di Instagram, dan banyak hal lainnya.

"Saya hampir tidak punya waktu istirahat. Tapi itu hal yang sangat baik untuk tetap sibuk saat kamu terjebak di ruang kecil," kata Dituri.

Dituri juga belajar untuk berhenti mencatat seberapa jauh ia sudah menjalankan misi untuk menghindari terpaku pada jumlah waktu yang tersisa.

"Saya sudah berhenti menghitung hari. Kamu hanya harus menetapkan pikiranmu untuk itu dan melakukannya," paparnya.

Untuk membantu meringankan tantangan mental dari kesendirian yang berkepanjangan, Dituri tetap terhubung secara virtual dengan dunia luar meski itu tidak sama dengan melihat orang secara langsung.

Karier Dituri di Angkatan Laut AS membantunya mengatasi tantangan psikologis hidup di bawah air, tetapi beberapa aspek dari pengalaman itu masih mengejutkannya.

"Salah satu hal yang paling mengejutkan saya adalah betapa saya merindukan matahari," kata Dituri.

Dr Deep Sea terus dipantau oleh ahli

Tim peneliti dokter dan ilmuwan terus memantau perubahan fisiologi Dituri selama tinggal di bawah air, mulai dari analisis sampel darah, urin, dan air liurnya.

Mereka juga melakukan berbagai tes, termasuk elektrokardiogram (EKG) untuk menguji fungsi jantungnya, elektroensefalogram (EEG) untuk menguji aktivitas otaknya, tes fungsi paru untuk melihat seberapa baik paru-parunya bekerja, tes pupillometry untuk memantau tekanan di dalam tubuhnya.

Para peneliti juga memantau tidurnya menggunakan sensor canggih berbasis pergelangan tangan, dan dia menjalani berbagai evaluasi psikologis secara teratur.

Hasil pengamatan selama 80 hari berada di bawah air, Dituri menyebut stres oksidatifnya telah berkurang dua pertiga, ia juga mencatat peningkatan jumlah sel punca, dan kadar kolestorelnya juga turun.

Tidur REM-nya atau tahap tidur di mana kebanyakan mimpi terjadi, meningkat antara 35 persen menjadi 40 persen hingga lebih dari 60 persen.

Sementara pada hari ke-93 misinya, Dituri mengklaim akumulasi dari semua faktor tersebut membuatnya merasa 10 tahun lebih muda.

Dituri juga berolahraga dengan resistance band jenis baru yang dirancang untuk membantu astronot mempertahankan massa otot di luar angkasa, meski tim peneliti belum mengungkapkan hasilnya.

Temuan ini belum ditinjau atau direplikasi oleh rekan sejawat karena itu diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuat kesimpulan konkret.

Selain misi ilmiah, Dituri berharap apa yang ia lakukan di bawah air dapat membantu menyebarkan pesan konservasi laut.

https://www.kompas.com/sains/read/2023/06/13/093000923/siapa-dr-deep-sea-ilmuwan-pemecah-rekor-terlama-hidup-di-bawah-air-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke