Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hiu Misterius dengan Senyum Mirip Manusia Ditemukan di Australia

KOMPAS.com - Hiu dengan penampakan aneh baru-baru ini ditemukan di lepas pantai New South Wales Australia.

Hiu misterius itu punya mata melotot dengan senyum mirip manusia yang mengerikan.

Para ahli pun belum yakin pasti, spesies hiu apakah yang diperkirakan berasal dari laut dalam itu, menambah misteri seputar spesimen yang tak biasa ini.

Dikutip dari Live Science, Sabtu (24/9/2022) seorang pemancing laut dalam bernama Trapman Bermagui menjadi orang yang membagikan foto spesimen laut itu pada 12 September lalu di Facebook.

Gambar tersebut menunjukkan kulit hiu yang kasar seperti amplas, moncong runcing besar, mata melotot besar serta gigi putih yang terlihat dari rahangnya.

Fitur hiu yang tak biasa tersebut dengan cepat menarik perhatian pengguna media sosial lainnya yang kagum sekaligus takut dengan mahluk itu.

Foto juga mengundang komentar dari netizen. Ada yang menulis bahwa spesimen itu adalah sesuatu yang datang dari mimpi buruk.

Sementara yang lain menulis senyum jahat mahluk itu membuat mereka merinding. Namun, ada juga yang melontarkan guyonan tentang penampilan hewan dan berspekulasi bahwa hiu memakai gigi palsu dan akhirnya tersenyum setelah kawat giginya dilepas.

Warganet juga berspekulasi tentang spesies hiu tersebut. Dugaan paling umum adalah bahwa spesimen tersebut adalah hiu pemotong kue (Isistius brasiliensis). Hiu dinamai demikian karena bekas gigitan khas yang ditinggalkannya.

Dugaan lain termasuk hiu goblin (Mitsukurina owstoni) atau spesies hiu lentera (Etmopteridae).

Namun, Trappman Bermagui punya pendapat sendiri dan menyebutnya sebagai spesis hiu dogfish.

Menurut Shark Research Institute, hiu dogfish (Centrophorus moluccensis) adalah jenis hiu gulper, sekelompok hiu laut dalam yang ditemukan di seluruh dunia.

Hiu gulper dulu menjadi sasaran industri perikanan untuk diambil minyak hatinya. Kebanyakan hiu gulper sangat sensitif terhadap eksploitasi berlebihan dari penangkapan ikan. Akibatnya, beberapa spesies sekarang sangat terancam dan dilindungi di Australi.

Tapi tentu saja dugaan-dugaan mengenai spesimen hiu yang sebenarnya masih menjadi bahan perdebatan karena beberapa ahli hiu tak yakin dengan identifikasi nelayan itu.

"Tampak bagi saya seperti hiu layang-layang laut dalam (Dalatias licha) yang dikenal di perairan lepas Australia. Meski sulit untuk memastikan tanpa melihat seluruh spesimen," ungkap Christoper Lowe, direktur Shark Lab di California State University, Long Beach.

Sedangkan Dean Grubbs, ahli biologi kelautan dan ahli hiu di Florida State University, memberikan kesimpulan berbeda.

Grubbs menduga, bahwa hiu yang mati adalah dogfish kulit kasar (Centroscymnus owstonii), sejenis hiu tidur dari keluarga yang sama dengan hiu Greenland (Somniosus microcephalus).

Meski begitu ada kemungkinan juga hiu termasuk dalam spesies yang belum pernah terlihat sebelumnya.

"Kami menemukan spesies baru hiu laut dalam setiap saat dan banyak yang terlihat sangat mirip satu sama lain," tambah Lowe lagi.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/09/25/100500723/hiu-misterius-dengan-senyum-mirip-manusia-ditemukan-di-australia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke