Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS] Astronot China Menanam Padi di Luar Angkasa | Apa Itu Nebula | Katak Racun Emas | Efek Samping Makan Labu Siam

KOMPAS.com - Para astronot China dilaporkan berhasil menanam padi di luar angkasa. Kabar unik ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Kamis (8/9/2022).

Padi adalah salah satu tanaman pangan pokok di dunia yang secara teratur dikonsumsi oleh lebih dari setengah populasi Bumi.

Kali ini, di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, para astronot China mengumumkan keberhasilan mereka menumbuhkan padi yang dibawa dari Bumi sebagai salah satu eksperimen ilmiah di luar angkasa.

Fenomena nebula adalah peristiwa menarik yang terjadi di tengah gelapnya alam semesta yang tertangkap oleh teleskop luar angkasa.

Apa itu nebula menjadi salah satu berita populer Sain sepanjang Kamis (8/9/2022).

Salah satu spesies katak paling beracun di dunia adalah dari jenis katak racun emas.

Kendati tak tampak berbahaya, tetapi faktanya semua spesies katak tak boleh sembarangan disentuh, karena di antara mereka dapat mengeluarkan zat beracun dari kulitnya.

Labu siam adalah salah satu jenis buah sayur yang mengandung beragam nutrisi. Di antaranya kaya karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin B9 hingga vitamin K, vitamin B6 dan mangan.

Meski memiliki banyak kandungan mineral sehat, namun apakah ada efek samping makan labu siam?

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Kamis (8/9/2022) hingga Jumat (9/9/2022).

Astronot China menanam padi di luar angkasa

Jika menanam padi di sawah adalah hal yang sangat umum, namun menumbuhkan tanaman pangan yang dikonsumsi hampir seluruh penduduk planet Bumi di luar angkasa, tentu adalah hal yang luar biasa.

Baru-baru ini, para astronot China mengumumkan bahwa mereka berhasil menanam padi di luar angkasa, saat melakukan serangkaian eksperimen di laboratorium luar angkasa Wentian milik China di Stasiun Luar Angkasa Tiangong.

Dalam misi luar angkasa mereka, ada delapan percobaan yang akan dilakukan di gaya berat mikro, termasuk eksperimen menanam padi yang dilakukan di laboratorium tersebut.

Pada percobaan tersebut, batang padi yang ada di laboratorium Wentian memang belum menyelesaikan seluruh siklus pematangannya sejak percobaan itu dimulai pada Juli lalu.

Akan tetapi, tampaknya padi-padi yang ada di stasiun luar angkasa ini sudah berada di jalur yang tepar dalam hal pertumbuhannya.

Ada dua varietas padi yang dibawa para astronot China di misi eksperimen luar angkasa.

Kedua varietas tersebut adalah padi pucuk tinggi yang dapat tumbuh hingga setinggi 30 Cm pada bulan pertama, serta varietas padi kerdil yang tumbuh hanya sampai tinggi 5 Cm.

Berita populer Sains tentang keberhasilan astronot China menanam padi di luar angkasa ini, dapat dibaca selengkapnya di sini.

Fenomena apa itu nebula?

Nebula adalah fenomena awan gas raksasa antarbintang yang memiliki peran penting dalam siklus hidup suatu bintang. Fenomena nebula merupakan salah satu keindahan yang ada di alam semesta.

Fenomena nebula sering tertangkap teleskop-teleskop penjelajah luar angkasa, seperti teleskop Hubble, maupun teleskop James Webb yang belum lama diluncurkan.

Nebula berasal dari bahasa Latin yang berarti awan. Namun, dalam konteks astronomi, istilah itu mengacu pada benda langit yang tampak seperti awan jika dilihat melalui teleskop.

Sebelum teleskop secanggih masa kini, istilah nebula sering digunakan untuk menyebut galaksi.

Setelah teknologi teleskop luar angkasa berkembang, akhirnya galaksi tidak lagi tampak seperti nebula yang digambarkan selama ini.

Teleskop luar angkasa yang canggih akhirnya menunjukkan bahwa galaksi ternyata sama sekali tidak seperti awan. Karena galaksi ternyata adalah rumah bagi miliaran bintang.

Selengkapnya berita populer Sains tentang fenomena apa itu nebula, dapat disimak di sini.

Katak racun emas

Ada beberapa jenis katak yang beracun, jika menyentuh kulitnya. Namun, katak yang sangat beracun paling ternama adalah katak racun emas (Phyllobates terribilis),

Katak ini di tubuhnya mengandung racun yang cukup untuk membunuh 20.000 tikus atau 10 orang dewasa.

Katak racun emas bahkan disebut sebagai hewan paling beracun di Bumi. Karena hanya dengan menyentuhnya saja, bisa sangat berbahaya.

Efek dari racun katak racun emas dapat mencegah saraf mengirimkan impuls hingga menyebabkan gagal jantung.

Kematian akibat racun katak ini dapat terjadi dalam waktu 10 menit saja dan tidak ada obatnya.

Akan tetapi, katak racun emas tidak memiliki gigi tajam atau duri untuk menyerang predator dengan racunnya.

Sama seperti katak lainnya, katak racun emas juga hanya dapat mengeluarkan racun melalui kulit. Racun adalah satu-satunya alat perlindungan diri yang dimiliki katak racun emas.

Lebih lengkap tentang katak racun emas yang paling beracun di dunia ini, dapat dibaca di sini.

Apa efek samping makan labu siam?

Labu siam merupakan jenis buah sayur yang memiliki banyak manfaat keehatan dan nutrisi penting bagi tubuh. Namun, dengan mengonsumsi labu siam, apakah ada efek sampingnya?

Efek samping makan labu siam Dikutip dari For Health Giving, secara umum, makan labu siam dalam jumlah yang wajar tidak menyebabkan efek samping bagi kesehatan.

Belum ada laporan terkait risiko atau efek samping yang merugikan dari mengonsumsi labu siam.

Jika reaksi alergi (pusing, mual, gatal) muncul setelah memegang atau makan labu, cari bantuan medis sesegera mungkin.

Manfaat labu siam dilansir dari WebMD, berikut adalah beberapa manfaat labu siam. Antara lain untuk meningkatkan kesehatan hati, yang mana Labu siam mungkin mengandung senyawa yang melindungi dari penumpukan lemak di hati, yang dapat menyebabkan penyakit hati berlemak.

Labu siam juga memiliki manfaat menjaga kesehatan jantung. Karena dalam buah sayur ini kaya akan antioksidan, mengurangi peradangan, dan melindungi dari radikal bebas, serta mengurangi risiko berkembangnya penyakit jantung.

Berita populer Sains tentang efek samping labu siang, dapat dibaca selengkapnya di sini.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/09/09/070200923/-populer-sains-astronot-china-menanam-padi-di-luar-angkasa-apa-itu-nebula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke