Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gelombang Tinggi hingga 6 Meter Masih Berpotensi Terjadi di Selatan Jawa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang dipengaruhi oleh kecepatan dan pola angin.

Terpantau pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari timur-selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot. Sedangkan, wilayah Indonesia bagian selatan angin dominan bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5- 25 knot.

Menurut BMKG, kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudera Hindia selatan Bali-Nusa Tenggara Timur, Laut Jawa bagian selatan, Selat Makasar bagian selatan, Laut Flores, Laut Banda dan Laut Arafuru.

Daftar wilayah gelombang tinggi

BMKG memperingatkan, gelombang yang sangat tinggi di kisaran 4-6 meter berpeluang terjadi di perairan barat Kepulauan Mentawai, Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai-Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten, perairan selatan Jawa Timur, Samudera Hindia selatan Jawa Tengah-Nusa Tenggara Barat.

Pola angin dan kecepatannya ini berkontribusi terhadap gelombang dengan ketinggian bervariasi di wilayah perairan Indonesia, sebagai berikut:

1. Gelombang 1,25-2,5 meter

Wilayah perairan yang berpeluang mengalami gelombang setinggi 1,25-2,5 meter yaitu:


2. Gelombang setinggi 2,5-4 meter

Sedangkan, untuk gelombang yang lebih tinggi di kisaran 2.5 - 4.0 meter berpeluang terjadi di wilayah berikut.

Rekomendasi keselamatan

Adapun potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah ini dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran.

Sehingga, moda transportasi laut bisa mewaspadai kecepatan angin dan gelombang tinggi sesuai alat transportasinya masing-masing, seperti:

  • Perahu nelayan mewaspadai kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter
  • Kapal tongkang mewaspadai kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter
  • Kapal Ferry mewaspadai kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter
  • Kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar mewaspadai kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter

Selain itu, untuk masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar wilayah yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/08/15/140207523/gelombang-tinggi-hingga-6-meter-masih-berpotensi-terjadi-di-selatan-jawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke