Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Kura-kura, Reptil yang Bisa Hidup Ratusan Tahun

KOMPAS.com- Kura-kura adalah jenis reptil dengan ciri khas tempurung yang melekat di punggungnya. Keunikan lain dari hewan yakni umurnya yang panjang, bahkan bisa hidup hingga ratusan tahun.

Kura-kura adalah reptil dari ordo Testudines yang memiliki tubuh terbungkus dalam cangkang bertulang. 

Dilansir dari Britannica, Jumat (12/8/2022) ada keunikan tersendiri dari kura-kura dibandingkan dengan makhluk bercangkang lainnya.

Meskipun banyak hewan, dari invertebrata hingga mamalia, telah mengembangkan cangkang, tidak ada yang memiliki arsitektur seperti tempurung kura-kura. 

Cangkang atau tempurung kura-kura tersusun atas tulang dan tulang rawan, yang terdiri dari bagian atas, yang disebut karapas, dan bagian bawah yang disebut plastron.

Karapas dan plastron, yang berada di bagian atas dan bawah tempurung kura-kura, adalah struktur tulang yang biasanya bergabung satu sama lain di sepanjang sisi tubuh, menciptakan kotak kerangka yang kaku.

Reptil bercangkang ini merupakan hewan yang bisa hidup di darat maupun di air tawar.

Kura-kura dapat dijumpai di banyak negara baik Benua Asia maupun Afrika karena hampir seluruhnya merupakan tempat yang hangat sebagai habitat mereka.

Cara kura-kura berkembang biak

Kura-kura berkembang biak dengan cara ovipar yakni bertelur dan mengerami telurnya sampai menetas.

Ketika bertelur, kura-kura akan menggali sarang di tanah dengan kedalaman hingga 10cm. 

Setelah meletakkan telurnya dalam sarang, kura-kura akan menutupinya dengan campuran tanah, feses atau urin yang akan mengeras menjadi lapisan pelindung.

Karena dapat hidup dan berjalan di darat, kura-kura memiliki kuku tajam pada keempat kakinya. 

Bentuk kakinya pun cenderung lebih kecil dan tertekuk ke bawah.

Kura-kura yang dapat hidup di darat merupakan reptil omnivora. Dengan begitu, hewan yang satu ini dapat memakan sayuran, buah-buahan, hingga serangga. 

Untuk diketahui, kura-kura juga diketahui merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki masa hidup cukup panjang, bahkan bisa sampai ratusan tahun.

Seekor kura-kura mampu hidup hingga 80 bahkan 150 tahun.

Salah satunya kura-kura bernama Jonathan bahkan telah memecahkan rekor dunia dengan umur 190 tahun, menjadikannya sebagai kura-kura tertua di dunia.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/08/13/110200423/mengenal-kura-kura-reptil-yang-bisa-hidup-ratusan-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke