Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polishing Gigi, Prosedur untuk Kesehatan dan Kecantikan Gigi

KOMPAS.com - Polishing gigi adalah prosedur membersihkan gigi agar gigi memiliki permukaan yang halus dan mengilap. Prosedur ini biasanya dilakukan sepaket bersama scaling gigi atau prosedur membersihkan karang gigi. Polishing gigi terbukti membuat plak tidak mudah menempel pada permukaan gigi.

Kenapa harus polishing gigi?

Prosedur polishing gigi adalah prosedur yang penting untuk dilakukan. Tindakan ini berfungsi untuk menghaluskan gigi dan menghilangkan staining atau pewarnaan pada gigi. Pewarnaan pada gigi biasanya muncul akibat kebiasaan meminum kopi, teh, atau minuman berwarna lainnya.

Warna yang menempel pada gigi ini membuat lapisan yang kasar pada permukaan gigi yang membuat plak dan karang gigi lebih mudah menempel. Padahal, permukaan gigi adalah permukaan yang halus dan tidak mudah menjadi tempat menempel karang gigi.

Staining sulit dibersihkan jika hanya dengan scaling gigi saja. Oleh karena itu perlu melakukan polishing gigi secara teratur untuk mencegah plak kembali menempel pada gigi.

Prosedur polishing gigi

Tindakan polishing gigi terbagi menjadi dua tahap utama. Pertama, gigi akan dioleskan dengan pasta yang sedikit abrasif dengan sikat berkecepatan rendah. Para tahap inilah semua pewarnaan gigi dan sisa permukaan yang kurang halus sisa scaling dihaluskan. Tenang saja, walau bersifat sedikit abrasif, namun pasta tersebut tidak akan mengikir permukaan gigi Anda karena permukaan gigi adalah lapisan yang sangat kuat.

Kedua, setelah halus, dokter gigi akan mengganti alat dengan alat yang memiliki ujung karet (rubber cup) serta diputar dengan kecepatan rendah. Rubber cup ini berfungsi untuk membersihkan sisa pasta abrasif tadi dan menyisakan gigi yang sudah halus permukaannya.

Manfaat polishing gigi

Secara umum, manfaat polishing gigi ada dua, yaitu manfaat kesehatan dan manfaat estetika.

Untuk manfaat kesehatan, polishing gigi memang tidak menghentikan Anda mengalami masalah gusi, seperti pembentukan karang gigi di kemudian hari. Namun, penelitian menunjukkan, gigi yang sudah di-polish memiliki lebih sedikit bakteri dan butuh waktu yang lebih lama untuk mengalami pembentukan plak dan karang gigi di kemudian hari.

Sedangkan manfaat estetika atau kecantikan, polishing gigi juga akan membuat gigi tampak lebih putih dan lebih sehat. Anda akan lebih percaya diri ketika tersenyum di depan orang lain.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/07/04/103100723/polishing-gigi-prosedur-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-gigi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke