Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anak-anak Termasuk Kelompok Berisiko Tertular Cacar Monyet, Apa Alasannya?

KOMPAS.com - Penyakit cacar monyet atau monkeypox disebut berpotensi menular pada kelompok berisiko tinggi, termasuk anak-anak.

Pasalnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut tengah menyelidiki laporan kasus cacar monyet pada anak di Inggris, dan menindaklanjuti kasus di Spanyol serta Perancis.

Dari laporan yang ada, anak-anak tersebut mengalami gejala yang tidak parah. Namun WHO tidak menjelaskan secara detail gejala yang dialami anak-anak itu.

Melihat penularan cacar monyet yang tidak hanya dialami orang berusia dewasa, WHO mengingatkan bahwa ibu hamil dan orang dengan gangguan kekebalan juga berisiko terpapar virus ini.

"Saya khawatir tentang penularan yang berkelanjutan (cacar monyet), karena itu menunjukkan bahwa virus dapat menular ke kelompok berisiko tinggi termasuk anak-anak, orang yang mengalami gangguan kekebalan, dan wanita hamil," ujar Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Adapun penularan berkelanjutan virus cacar monyet yang dimaksudkannya, ialah sebagai penyakit yang dapat menular dengan mudah dari satu orang ke orang lainnya dalam populasi.

Dilansir dari CBS News, Kamis (30/6/2022) menurut WHO cacar monyet hingga saat ini telah diidentifikasi di lebih dari 50 negara non-endemik.

Kasus konfirmasi positif cacar monyet pun mengalami peningkatan, yang membuat WHO menyerukan agar pemerintah setiap negara memaksimalkan pengujian terhadap kasus probable.

Sejak Mei 2022, ada lebih dari 3.400 kasus cacar monyet dan satu kematian yang dilaporkan oleh negara-negara di luar Afrika yang merupakan negara endemik penyakit ini. Sebagian besar kasus di Eropa tercatat dialami pria yang berhubungan seks dengan pria.

Belum ada kasus cacar monyet di Indonesia

Di sisi lain, Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, memastikan cacar monyet belum ditemukan di Indonesia.

Meski begitu, Kemenkes sedang melakukan pengetatan di pintu masuk negara seperti di kantor kesehatan pelabuhan (KKP) dan di bandara.

Dia menyebut, bagi orang yang bergejala, terutama pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) harus melakukan pemeriksaan yang menyeluruh, guna memastikan apakah terinfeksi cacar monyet atau bukan.

"Iya (skiriningnya jika ada gejala) sama kalau ada riwayat dia dari Kongo ternyata dia ada panas, ada sakit kepala, kemudian ad benjolan harus diwaspadai. Dan itu belum menular dia, itu namanya masa invasi, kemudian masa erupsi itu yang menular," ungkap Syahril saat ditemui di gedung Kemenkes, Rabu (29/6/2022).

Dalam mendeteksi dini cacar monyet, pemerintah juga telah menyiapkan dua laboratorium di antaranya:

  • Laboratorium Pusat Studi Satwa Primata Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB).
  • Laboratorium Penelitian Penyakit Infeksi Prof Sri Oemiyati, Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Jakarta.

Cacar monyet adalah penyakit yang umumnya ringan, dan endemik di beberapa wilayah Afrika Barat dan Afrika Tengah.

Virus ini dapat menular melalui kontak fisik dekat, yang artinya bisa dicegah penularannya dengan melakukan isolasi diri dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.


Status cacar monyet

Beberapa waktu lalu, komite ahli WHO mengumumkan bahwa cacar monyet bukan termasuk darurat kesehatan global atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC), seperti Covid-19.

"Sementara beberapa anggota menyatakan pandangan yang berbeda, komite memutuskan dengan konsensus untuk memberi tahu Direktur Jenderal WHO, bahwa pada tahap ini wabah harus ditentukan bukan merupakan keadaan darurat kesehatan global," kata WHO.

Meski begitu, Tedros berkata pihaknya akan terus memantau secara ketat terkait perkembangan cacar monyet.

Badan Kesehatan PBB itu juga menyampaikan, bahwa mereka sedang mengerjakan mekanisme untuk mendistribusikan vaksin secara lebih adil.

Hal itu menyusul keputusan negara-negara termasuk Inggris dan Amerika Serikat, yang merekomendasikan kelompok rentan untuk melakukan vaksinasi.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/07/03/100300523/anak-anak-termasuk-kelompok-berisiko-tertular-cacar-monyet-apa-alasannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke