Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Benzena Untuk Kesehatan dan Gejala yang Ditimbulkan

KOMPAS.com - Benzena adalah zat yang berbahaya bagi manusia. Benzena terbukti bisa menyebabkan kanker, terutama leukimia dan kanker darah lainnya. Kita perlu memahami definisi benzena dan bagaimana kita berisiko terpapar benzena.

Apa itu benzena?

Benzena adalah zat kimia yang berwarna kuning muda atau tidak berwarna. Dalam suhu ruang, benzena berbentuk cairan. Zat ini memiliki bau yang manis dan sangat mudah terbakar.

Benzena sangat mudah menguap ke udara. Namun, uap air benzena lebih berat dari air sehingga mungkin jatuh dimana saja. Dalam air, benzena akan mengapung di bagian atas air. Hanya sedikit bagian benzena yang bisa terlarut dalam air.

Apa kegunaan benzena dan bagaimana manusia bisa terpapar benzena?

Benzena bisa terbentuk secara alami dan sintesis. Contoh penghasil alami benzena adalah letusan gunung berapi, minyak bumi mentah, gas, dan asap rokok.

Benzena juga diproduksi massal di berbagai industri. Benzena berfungsi untuk membuat bahan kimia lainnya seperti plastik, resin, nilon, dan serat sintetis. Selain itu, benzena juga digunakan untuk membuat lubrikan, detergen, pestisida, dan pelarut industri.

Dua cara utama manusia terpapar benzena adalah asap rokok dan asap dari kendaraan bermotor. Kendaraan bermotor sebagian besar menggunakan bahan bakar dari minyak bumi yang mengandung benzena sehingga memaparkan kita terhadap zat beracun ini.

Bahaya benzena bagi kesehatan

Benzena membahayakan manusia karena zat ini menyebabkan sel tidak bekerja dengan optimal. Contohnya, sumsum tulang belakang menjadi tidak optimal memproduksi sel darah merah. Hal ini akan memicu anemia.

Selain itu, benzena juga menyebabkan perubahan tingkat antibodi. Hal ini ditandai dengan menurunnya sel darah putih secara drastis.

Efek akut

Dilansir dari Environmental Protection Agency (EPA), berikut adalah gejala jangka pendek atau aku pada orang yang terpapar benzena:

  • Pusing
  • Pingsan
  • Mual
  • Muntah
  • Kejang
  • Jika mengenai kulit mungkin menyebabkan iritasi hingga munculnya blister pada kulit yang terpapar.

Efek kronis

Berikut adalah beberapa efek kronis yang menunjukkan paparan terhadap benzena dalam jangka panjang:

  • Kanker, terutama leukimia dan kanker darah lainnya
  • Anemia
  • Pada ibu hamil yang terpapar berisiko mengalami berat badan bayi lahir rendah, pembentukan tulang terhambat, dan gangguan sumsum tulang belakang.

Penggunaan benzena oleh manusia perlu pengawasan ketat dan sangat dibatasi. Benzena terbukti merupakan karsinogenik dan berisiko menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.
Jika Anda terpapar benzena di kulit atau pakaian, segera berganti pakaian dan cuci bagian yang terpapar. Jika Anda menghirup dan menelan benzena, segera hubungi unit gawat darurat.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/05/24/173000723/bahaya-benzena-untuk-kesehatan-dan-gejala-yang-ditimbulkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke