Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Kebiasaan yang Menyebabkan Kolesterol Tinggi

KOMPAS.com - Kolesterol sangat penting untuk banyak proses dalam tubuh manusia.

Tetapi, tidak semua jenis kolesterol sama dan kadar kolesterol jahat perlu diperhatikan. 

"Hati dapat menghasilkan kolesterol. Faktanya, hati menghasilkan semua kolesterol yang dibutuhkan. Bagian yang sulit adalah bahwa pola makan dan kebiasaan gaya hidup juga dapat memengaruhi kadar kolesterol," kata Dr. Joshua Septimus, profesor kedokteran klinis dan direktur medis dari Houston Methodist Primary Care Group Same Day Clinics. 

Kebiasaan yang menyebabkan kolesterol tinggi

Dilansir dari Eat This, Not That, berikut adalah 4 kebiasaan yang menyebabkan kolesterol tinggi, yang mungkin jarang disadari.

1. Merokok

Kebiasaan merokok dikaitkan dengan kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi.

"Merokok sangat buruk untuk jantung dan merokok benar-benar merupakan salah satu hal terburuk yang bisa kita lakukan, tidak hanya untuk jantung, tetapi untuk otak, paru-paru, dan segala macam hal," kata ahli jantung Leslie Cho, MD.

Jadi, orang yang merokok dan memiliki kolesterol tinggi, memiliki risiko dua kali lipat. 

2. Konsumsi alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan peningkatan kolesterol berbahaya.

"Orang yang minum banyak alkohol dapat memiliki kolesterol tinggi karena alkohol terbuat dari gula hingga meningkatkan trigliserida. Dan trigliserida yang sangat tinggi meningkatkan risiko diabetes, pankreatitis, dan stroke. Jadi, sangat penting untuk mengontrol trigliserida." 

3. Jarang olahraga

Gaya hidup yang tidak banyak bergerak dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi, sedangkan berolahraga dapat membantu menurunkannya. 

"Olahraga adalah kebiasaan yang sangat baik untuk dilakukan jika sedang mencoba menurunkan kolesterol jahat," kata Dr. Cho.

Dr. Cho merekomendasikan jalan cepat, bersepeda, dan berenang sebagai latihan terbaik untuk menurunkan kolesterol. 

"Tapi itu tidak berhenti di situ. Menggabungkan olahraga dengan diet sehat dan pilihan gaya hidup membuat dampak yang paling besar. Selalu periksa dengan dokter sebelum memulai program olahraga, terutama jika kolesterol tinggi menyebabkan lebih berisiko terkena penyakit jantung atau stroke."

4. Kebiasaan makan yang buruk

Menurut Harvard Health, daging merah, makanan yang digoreng, daging olahan, dan makanan yang dipanggang harus dihindari jika memiliki kolesterol tinggi.

"Makanan tertentu, seperti oatmeal, kacang-kacangan, dan ikan berlemak, membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkendali," kata Stephanie Watson, Editor Eksekutif dari Harvard Women's Health Watch. 

“Dan tidak semua makanan berkolesterol tinggi buruk bagi kesehatan. Misalnya, telur tinggi kolesterol, tetapi juga kaya akan protein dan nutrisi lainnya."

https://www.kompas.com/sains/read/2022/05/03/180000823/4-kebiasaan-yang-menyebabkan-kolesterol-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke